Senin, 23 September 2024
Senin, 23 September 2024
NewsEkobizTarif Listrik untuk Orang Kaya Naik Mulai Bulan Depan

Tarif Listrik untuk Orang Kaya Naik Mulai Bulan Depan

JAKARTA, HOLOPIS.COMPemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral resmi menaikkan tarif dasar listrik (TDL) untuk golongan orang kaya atau pelanggan 3.500 Volt Amphere (VA) ke atas.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Rida Mulyana mengatakan, kebijakan ini berlaku mulai bulan depan atau pada 1 Juli 2022 nanti.

“Berlaku mulai 1 Juli. Sekarang masih berlaku tarif lama,” ujar Rida, Senin (13/6).

Rida menuturkan, penyesuaian atau kenaikkan tarif untuk golongan orang mampu itu telah tertuang dalam aturan mengenai ketentuan tarif adjusment sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 28 Tahun 2018.

“Penyesuaian tarif ini masih berkontribusi dalam menjaga daya beli masyarakat karena yang kita sesuaikan adalah rumah tangga yang mewah,” tandas Rida.

Sebelumnya, sinyal terkait kenaikan tarif listrik bagi pelanggan 3.500 VA ke atas telah disampaikan oleh Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani saat rapat bersama Badan Anggaran (Banggar) DPR dalam rangka meminta kenaikan anggaran subsidi energi di Gedung DPR/MPR pada Kamis (19/5).

Pada saat itu, Bendahara Negara itu menyampaikan, bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyetujui kenaikan tarif listrik di tengah lonjakan harga komoditas energi imbas perang Rusia-Ukraina.

“Bapak Presiden dan kabinet sudah menyetujui untuk berbagi beban, untuk kelompok rumah tangga yang mampu, yaitu direpresentasikan oleh mereka yang langganan listriknya di atas 3.000 VA, boleh ada kenaikan tarif listrik, hanya di segmen itu ke atas,” ungkap Sri Mulyani beberapa waktu itu.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

IHSG Sepekan Bikin Mewek, Kapitalisasi Anjlok 2,58 Persen

Indeks harga saham gabungan (IHSG) pada sepekan terakhir nampaknya tidak lagi bergairah seperti pada pekan-pekan sebelumnya.

Harga Emas di Pegadaian Hari Minggu Terkerek Naik

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Minggu 22 September 2024.

Jangan Lupa! Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Resmi Naik Hari Ini

Kenaikan tarif tol pada ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta telah resmi diberlakukan mulai hari ini, Minggu 22 September 2024, sejak pukul 00.00 WIB dini hari tadi. 

Hari Minggu, Harga Emas Antam Mandek di Level Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 22 September 2024.