JAKARTA, HOLOPIS.COM Pemerintah memberlakukan tarif khusus bagi para pelajar dan mahasiswa memberikan tarif khusus kepada pelajar dan mahasiswa yang menggunakan LRT Palembang. Di mana para pelajar dan mahasiswa ini bisa menggunakan LRT Palembang selama sebulan hanya dengan membayar Rp25 ribu saja.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi dalam acara peluncuran Layanan Feeder LRT dan BRT Di Kota Palembang pada hari ini, Sabtu (11/6).

“Kita memberi kemudahan bagi pelajar dan mahasiswa. Kita hanya memungut Rp25 ribu satu bulan,” kata Menhub Budi.

Budi mengatakan, kartu khusus yang diberikan keapada pelajar dan mahasiswa ini bisa digunakan hingga berkali-kali.

Semenjak program tersebut diluncurkan, lanjut, jumlah pengguna LRT dalam sebulan mengalami peningkatan hingga dua kali lipat menjadi 350 ribu orang.

Dengan adanya program baru ini, Budi berharap agar masyarakat, khususnya yang berdomisili di Palembang semakin sadar akan pentingnya menggunakan transportasi umum. Ia pun terus menggencarkan gerakan nasional kembali ke angkutan umum.

Menurutnya, masyarakat yang tinggal di kota yang bagus dan maju harus mau naik angkutan umum. Sebab selain mengurangi kemacetan, menggunakan angkutan umum juga dapat mengurangi polusi udara.

Budi berharap LRT Palembang dapat menjadi role model angkutan massal untuk wilayah Indonesia lainnya. Sebab, LRT Palembang diklaim sama baiknya dengan LRT di kota-kota besar di dunia.