JAKARTA, HOLOPIS.COM – Menteri Pertahanan Republik Indonesia, Prabowo Subianto mengingatkan agar para Mahasiswa Universitas Pancasila tidak mudah dipecah-belah oleh narasi dan sentimen apapun.

“Kita harus mengerti bahwa kita akan selalu dipecah belah, jadi hati-hati lah,” kata Prabowo Subianto dalam orasi ilmiahnya di acara wisuda di kampus Universitas Pancasila, Selasa (7/6).

Bagi Prabowo, kunci kekuatan bangsa Indonesia adalah persatuan dan kesatuan. Maka semangat itu harus diejawantahkan seluruh seluruh anak bangsa di manapun dan kapanpun.

“Kalau saya selalu ingin selalu harus menjaga kerukunan, ketenangan,” ujarnya.

Ketua Umum DPP Partai Gerindra itu mengatakan bahwa persaingan politik jangan sampai membuat antar bangsa Indonesia saling terpecah-belah. Ketegangan bisa saja terjadi, namun pasca pemilu harus kembali bersatu.

“Politik kita boleh bersaing dengan keras, tapi di ujungnya kita harus cool, kita harus menganggap semua pihak adalah saudara sebangsa setanah air,” tandasnya.

Oleh karena itu, mantan Komandan Jenderal Kopassus tersebut mengingatkan agar para mahasiswa dan alumni Universitas Pancasila tidak mudah dipecah-belah oleh siapapun.

“Jadi adik-adik sekalian, jangan mau diajak yang radikal-radikalan, tidak ada. Semua agama mengajarkan kebaikan, kalau ada yang mengajarkan kebencian pasti niatnya lain, jangan-jangan itu kekuatan asing yang mau pecah belah kita,” pungkasnya.