JAKARTA, HOLOPIS.COM – Indikator Politik Indonesia merilis hasil surveinya terkait pendapat masyarakat soal pemberantasan korupsi saat ini. Alhasil, mayoritas menilai keseriusan aparat dalam mengatasi kasus rasuah sangat buruk.

“Kebanyakan menilai keadaan pemberantasan korupsi di negara kita pada umumnya sekarang buruk atau sangat buruk,” tutur Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanudin Muhtadi dalam webinar, Rabu (8/6).

Burhanudin menyebutkan, 36,2 persen responden kurang puas dengan keadaan pemberantasan korupsi yang dilakukan penegak hukum di Indonesia. Dari total itu, sebanyak 29,9 persen responden menilai keadaan pemberantasan korupsi di Indonesia buruk.

“Sebanyak 6,3 persen responden menyatakan sangat buruk,” sebut Burhanudin.

Hanya 24 persen responden puas dengan keadaan pemberantasan korupsi yang dilakukan penegak hukum di Indonesia. Dari total itu, sebanyak 21,4 persen responden menyatakan keadaan pemberantasan korupsi di Indonesia sudah baik.

“Sebanyak 2,6 persen responden menyatakan sangat baik,” kata Burhanudin.

Sebanyak 30,2 persen responden menyatakan keadaan pemberantasan korupsi di Indonesia sedang. Kemudian, ada 9,7 persen responden tidak tahu dengan keadaan pemberantasan korupsi di Indonesia.

Survei ini dilakukan dengan menggunakan metode random digit dialing (RDD) dengan sampel sebanyak 1213 responden. Pemilihan responden dilakukan secara acak. Margin of error dalam survei ini kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.