JAKARTA, HOLOPIS.COM – Anggota Komisi VI DPR RI, Mufti Aimah Nurul Anam menyampaikan sentilan kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang tidak memberikan sponsor terhadap penyelenggaraan Formula E atau Jakarta e-Prix 2022 di Jakarta International E Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara pada hari Sabtu 4 Juni 2022 kemarin.

Dalam rapat bersama mitra kerjanya itu, Mufti mengatakan bahwa BUMN seharusnya mendukung ajang balap Formula E yang merupakan event internasional dan dapat mengharumkan nama bangsa.

“Berapa bulan sebelum Formula E, Pak Jokowi datang ke sana. Kalau pak Jokowi datang, kita kan sebagai menteri, pembantu Presiden, harusnya paham Presiden ke sana memberikan sinyal kepada seluruh menterinya untuk bagaimana bisa membantu agar Formula E sukses,” kata Mufti, Selasa (7/6).

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) ini mengaku heran melihat panitia Formula E seperti mengemis meminta sponsor BUMN. Apalagi, mendengar berita anak usaha Pertamina akan kerja sama, namun ternyata bukan sebagai sponsor, melainkan hanya memberi diskon pembelian BBM.

“Di medsos kalau kita lihat, pedas. Oh tentu enggak dibantu bukan panggungnya pak menteri. Ada juga yang bilang ini kalau acaranya menteri, jangankan sebulan proposal, satu menit sebelum acara bisa BUMN itu support,” ujarnya.

Bahkan, ada yang beranggapan jika BUMN sengaja diinstruksikan agar tidak membantu Formula E karena Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan merupakan kompetitor Menteri BUMN Erick Thohir di Pilpres 2024.

“Ini bukan soal dukung siapa. Kalau capres kami punya Bu Puan, sehingga kami bilang bukan mendukung tidak mendukung. Harapan kami pak menteri public figur dan petugas negara lebih bijak lagi,” tegas Mufti.