Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Mau Salat Gaib untuk 53 Prajurit KRI Nanggala 402, Ini Tata Caranya

JAKARTA, HOLOPIS.COM – 53 prajurit TNI AL awak KRI Nanggala 402 dinyatakan gugur pada Minggu (25/4). Bagi yang ingin melakukan salat gaib untuk para putra terbaik bangsa tersebut, begini tata cara nya,
Perbedaan salat jenazah dengan salat gaib
Salat jenazah dan salat gaib pada dasarnya memiliki tujuan yang sama, yaitu mengirimkan doa pada orang yang sudah meninggal.
Bedanya, salat jenazah dilakukan di hadapan jenazah secara langsung. Sementara salat gaib dilaksanakan tanpa adanya jenazah. Keduanya sama-sama dikerjakan secara berjamaah.
Bacaan niat salat gaib
Bacaan niat salat gaib terbagi menjadi dua, yaitu sebagai imam atau makmum. Pada lafal juga terdapat perbedaan antara jenazah laki-laki dan perempuan. Berikut bacaan lengkapnya:
Niat salat gaib sebagai imam
Ushalli alal mayyiti (mayyitati untuk jenazah perempuan) – alghooibi arba’a takbiroti fardhol kifaayati imaaman lillahi ta’ala
Artinya: “Saya berniat salat gaib atas jenazah (nama jenazah) dengan empat kali takbir menjadi imam karena Allah taala.”
Niat salat gaib sebagai makmum
Ushalli alal mayyiti (mayyitati untuk jenazah perempuan) – sebutkan nama jenazah – alghooibi arba’a takbiroti fardhol kifaayati ma’muuman lillahi ta’ala
Artinya: “Saya berniat salat gaib atas jenazah (nama jenazah) dengan empat kali takbir menjadi makmum karena Allah taala.”
Tata cara melaksanakan salat gaib
Tata cara pelaksanaan salat gaib berbeda dengan salat wajib lima waktu. Berikut tahapan pelaksanaannya:
1. Membaca niat
2. Membaca takbir
3. Membaca surat Al Fatihah
4. Membaca takbir kedua
5. Membaca salawat dengan lafal sebagai berikut:
“Allohumma sholli alaa sayyidinaa muhammad wa alaa ali sayyidinaa muhammad, kama sholaita alaa sayyidina ibrohim wa alaa sayyidina ibrohim, wa barik alaa sayyidinaa muhammad wa alaa ali sayyidina muhammad, kama barakta alaa sayyidina ibrohim wa alaa ali sayyidina ibrohim, fil alaaminaa innaka hamiidum majiid”
6. Membaca takbir ketiga
7. Membaca doa untuk jenazah dengan lafal sebagai berikut:
Doa untuk jenazah laki-laki
“Allaahummaghfir la-hu warham-hu wa’afi-hi wa’fu ‘an-hu, wa akrim nuzuula-hu, wawassi’ madkhola-hu, waghsil-hu bil maa-I wats tsalji wal-baradi, wanaqqi-hi minal khathayaayaa kamaa yunaqqats tsaubul abyad-hu minal danasi, wa abdil-hu daaran khairan min daari-hi, wa ahlan khairan min ahli-hi, wa zaujan khairan min zau-ji-hi, waqi-hi fitnatal qabri wa’adzaban naari.”
Doa untuk jenazah perempuan
“Allahummaghfirla-haa warham-haa wa’afi-haa wa’fu ‘an-haa, wa akrim nuzuula-haa, wawassi’ madkhola-haa, waghsil-haa bil maa-I wats tsalji wal-baradi, wanaqqi-haa minal khathayaayaa kamaa yunaqqats tsaubul abyad-haa minal danasi, wa abdil-haa daaran khairan min daari-haa, wa ahlan khairan min ahli-haa, wa zaujan khairan min zau-ji-haa, waqi-haa fitnatal qabri wa’adzaban naari.”
Kedua doa tersebut memiliki arti yang sama, yaitu:
Artinya: “Ya Allah ampunilah dia, berilah rahmat kepadanya, selamatkanlah dia (dari beberapa hal yang tidak disukai), maafkanlah dia dan tempatkanlah di tempat yang mulia (surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya di dunia, berilah keluarga yang lebih baik daripada keluarganya di dunia, dan masukkan dia ke surga, jagalah dia dari siksa kubur dan neraka.”
8. Membaca takbir keempat
9. Membaca doa penutup dengan lafal sebagai berikut:
“Allahumma laa tahrimnaa ajro-hu (ajro-ha untuk jenazah perempuan) walaa taftinaa ba’da-hu (ba’da-ha untuk jenazah perempuan) waghfi lanaa wa la-hu(wa la-ha untuk jenazah perempuan) wa li ikhwanina (wa li akhwatina untuk jenazah perempuan) ladzina sabaqquuna bil imaani wa la taj’al fi quluubina gilal liladzina amanuu robbana innaka rouufur rohiim.”
10. Mengucapkan salam
Itu dia bacaan niat, doa, dan tata cara melaksanakan salat gaib. Salat ini bisa menjadi solusi jika kamu berhalangan melayat jenazah saudara atau kerabat. Bisa juga dilaksanakan untuk mengirim doa bagi sesama muslim yang kamu kehendaki.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Perry Warjiyo Kembali Jabat Ketum ISEI

Perry Warjiyo kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) untuk periode 2024-2027. Ia terpilih secara aklamasi dalam Kongres ISEI XXII 2024 yang berlangsung di Surakarta, Jawa Tengah.

Cerita Nur Fatia, Difabel Bergelar Sarjana yang Berhasil Masuk Polisi

Sekolah Polisi Wanita atau Sepolwan Lemdiklat Polri sangat bangga memiliki siswi bernama Nur Fatia Azzahra yang bergelar sarjana psikologi, dengan nilai IPK 3,56.

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru