JAKARTA, HOLOPIS.COM – Pada fase awal atau babak penyisihan grup Piala Presiden 2022 akan digelar di empat kota terlebih dahulu yakni Solo, Malang, Bandung hingga Samarinda.

Dari empat venue di atas sudah terlihat bahwa empat tim secara otomatis akan berstatus tuan rumah di babak peyisihan grup Piala Presiden 2022 seperti Persib Bandung, Persis Solo, Borneo FC dan Arema FC.

Terkait hal ini, diyakini banyak dari masyarakat luas yang belum mengetahui apa alasan di balik penunjukkan empat kota tersebut sebagai tuan rumah di fase awal turnamen pramusim nanti.

Dilansir dari situs Kemenpora Selasa (7/6), alasan di balik penunjukkan empat kota itu pun dilontarkan secara langsung oleh Ketua Umum (Ketum) PSSI yakni Mochamad Iriawan.

“Persiapan sudah dilakukan PSSI dan PT LIB, nantinya ada 4 venue yang akan digunakan yakni di Solo, karena Pak Presiden berasal dari Kota Solo, kemudian Malang karena pernah menjuarai Piala Presiden, Bandung karena pernah juga menjuarai Piala Presiden,” ujarnya.

Ada pun Mochamad Iriawan menyebut bahwa alasan dipilihnya kota Samarinda sebagai salah satu tuan rumah di fase awal merupakan sebuah bentuk dukungan terkait pemindahan ibukota ke Kalimantan.

“Serta Samarinda karena kita mendukung pemindahan ibukota ke Kalimantan Timur. Semoga semua bisa berjalan dengan aman, lancar dan terkendali,” lanjut Mochamad Iriawan.

Sebagai informasi tambahan, berikut ini hasil drawing babak penyisihan grup Piala Presiden 2022.

Grup A:
Persis Solo, PSIS Semarang, Dewa United, Persita Tangerang, PSS Sleman

Grup B:
Borneo FC, Barito Putera, Persija Jakarta, Madura United, RANS Cilegon FC

Grup C:
Persib Bandung, Persebaya Surabaya, Bhayangkara FC, Bali United

Grup D:
Arema FC, Persikabo 1973, PSM Makassar, Persik Kediri.