JAKARTA, HOLOPIS.COM Sobat Holopis pasti sering mengalami pesan WhatsApp yang baru masuk ketika aplikasi dibuka?

Jika iya, pasti hal itu akan sangat menyebalkan karena Sobat Holopis harus membuka aplikasi WhatsApp terlebih dahulu untuk memeriksa pesan-pesan yang masuk, sehingga pesan yang masuk tersebut bisa terlambat untuk dibalas.

Melansir dari Techidence, bug atau gangguan yang terjadi ini bisa jadi karena pengaturan yang ada pada ponsel lho Sobat Holopis, seperti fitur hemat daya yang ada pada ponsel.

Selain itu, gangguan ini juga dapat disebabkan oleh tidak stabilnya koneksi internet atau karena aplikasi yang berfungsi untuk meningkatkan performa ponsel.

Nah untuk lebih jelasnya, berikut beberapa penyebab pesan WhatsApp baru masuk ketika aplikasi dibuka :

Fitur hemat daya
Sebagian besar ponsel yang berada di pasaran sudah dilengkapi fitur hemat daya bawaan untuk mengoptimasi konsumsi daya baterainya.

Pada umumnya, fitur ini akan otomatis aktif di saat baterai ponsel hanya tersisa sedikit atau berada di ambang batas tertentu.

Ternyata di saat fitur ini aktif, sejumlah aplikasi akan berhenti beroperasi di background, termasuk WhatsApp. Hal inilah yang membuat aplikasi hanya akan aktif ketika dibuka.

Untuk menghindari hal tersebut, pengguna dapat mematikan fitur hemat daya di bagian pengaturan ponsel.

WhatsApp tidak bekerja di background
Penyebab lain yang membuat pesan WhatsApp yang baru masuk saat aplikasi dibuka adalah karena aplikasi WhatsApp itu sendiri tidak bekerja di background.

Hal ini wajar terjadi pada aplikasi-aplikasi yang memang jarang dibuka oleh prnggunanya. Pengaturan ini bisa otomatis diterapkan oleh sistem operasi jika aplikasi WhatsApp jarang digunakan. Selain itu, pengaturan ini juga dapat diaktifkan secara manual.

Untuk itu, Sobat Holopis dapat mengeceknya pada bagian pengaturan aplikasi untuk memastikan aplikasi WhatsApp dapat beraktivitas di background.

Penggunaan data di background mati
Selain aplikasi yang bekerja di background, penggunaan data untuk aplikasi tetap dibutuhkan. Pada pengaturan aplikasi, terdapat pilihan ‘background data’ yang dapat dimatikan atau dinyalakan.

Ketika fitur ini dinyalakan, mobile data akan menggantikan fungsi WiFi jika jaringannya tidak stabil.

Aplikasi peningkat performa ponsel
Sejumlah aplikasi yang berfungsi untuk meningkatkan performa ponsel akan mengubah sejumlah pengaturan pada ponsel Sobat Holopis guna mengoptimasi kinerjanya.

Hal itu akan berpengaruh pada aplikasi WhatsApp karena pengaturan yang diubah oleh aplikasi tersebut, sehingga menghapus atau meng-uninstall aplikasi performa ponsel dapat menjadi cara untuk mengatasi masalah pesan WhatsApp yang baru masuk saat aplikasi dibuka.