Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizTransfer Antar Bank Cuma Rp2.500 Bikin Candu Warga RI

Transfer Antar Bank Cuma Rp2.500 Bikin Candu Warga RI

JAKARTA, HOLOPIS.COM Layanan transfer antar bank dengan tarif terjangkau yang diberikan Bank Indonesia (BI) nampaknya memberikan efek candu bagi masyarakat Indonesia. Hal itu dibuktikan dengan volume dan nilai transaksi sistem pembayaran BI Fast Payment atau BI-Fast yang meningkat pesat.

Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI, Filianingsih Hendarta mengatakan, sejak awal tahun hingga 29 Mei 2022, total volume transaksi BI-Fast tercatat sebanyak 85,3 juta transaksi dengan nilai mencapai Rp320,6 triliun.

Adapun peningkatan transaksi yang paling signifikan terjadi pada periode Ramadhan dan Idul Fitri 1443 Hijriah atau 2022 Masehi.

Tercatat, Total volume transaksi melalui layanan teranyar bank sentral itu selama periode Ramadhan dan Idul Fitri atau 3 April sampai 8 Mei 2022 mencapai 27,6 juta transaksi, dengan nilai transaksi sebesar Rp107,4 triliun.

“Baik nominal maupun volume (transaksi BI-Fast) selama 1 Maret sampai 29 Mei ada peningkatan, terutama di periode Ramadhan. Menjelang hari libur, transaksi sangat tinggi,” ujar Filianingsih, Kamis (2/6).

Untuk ke depannya, Bank Indonesia optimis transaksi melalui BI-Fast akan terus mengalami pertumbuhan seiring dengan upayanya dalam memperluas kanal pembayaran, komunikasi, serta jumlah peserta BI-Fast itu sendiri.

Bank Sentral menargetkan, nilai transaksi BI-Fast hingga akhir tahun mendatang dapat mencapai Rp811 triliun.

“Saat ini sudah sekitar Rp 300 triliunan di bulan Mei, hopefully (target) tercapai. Kita melihat, begitu yang namanya mobile banking untuk pelaku-pelaku besar, itu transaksi akan lebih meningkat lagi,” ucap dia.

Sebagai informasi, BI-FAST adalah infrastruktur Sistem Pembayaran ritel nasional yang dapat memfasilitasi pembayaran ritel secara real-time, aman, efisien, dan tersedia setiap saat.

Salah satu keuntungan yang didapat jika menggunakan layanan BI-Fast adalah biaya administrasi yang terjangkau ketika melakukan transfer antar bank, yakni hanya sebesar Rp2.500.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Jangan Lupa! Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Resmi Naik Hari Ini

Kenaikan tarif tol pada ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta telah resmi diberlakukan mulai hari ini, Minggu 22 September 2024, sejak pukul 00.00 WIB dini hari tadi. 

Hari Minggu, Harga Emas Antam Mandek di Level Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 22 September 2024.

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.

DJP Klaim MLI STTR yang Diteken Sri Mulyani Bisa Dongkrak Penerimaan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim, perjanjian Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR) bisa mendongkrak penerimaan pajak negara.