JAKARTA, HOLOPIS.COMBadan Pusat Statistik (BPS) RI mencatat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) alias turis ke Indonesia mengalami lonjakan pada April 2022, yakni sebesar 111,1 ribu kunjungan.

Kepala BPS, Margo Yuwono mengatakan, secara bulanan atau month to month (mtm) kunjungan wisman melonjak hingga mencapai 172,27 persen. Hal ini lantaran total kunjungan di bulan Maret 2022 lalu hanya tercatat sebesar 40,8 ribu kunjungan.

Bila dibandingkan dengan tahun lalu di periode yang sama atau year on year (yoy), jumlah kunjungan pelancong ke Indonesia meningkat pesat hampir 500 persen, atau tepatnya 499,01 persen.

“Jumlah kunjungan wisman ini nampak meningkat signifikan. Bahkan, ini merupakan yang tertinggi sejak awal pandemi. Bila dibandingkan dengan tahun lalu pun, jumlah kunjungan wisman meningkat 499,01 persen yoy,” tutur Margo dalam keterangan pers virtual, Kamis (2/6).

Margo melihat, melonjaknya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Tanah Air menunjukkan sektor pariwisata yang mulai pulih seiring dengan pandemi Covid-19 yang mereda karena penanganannya yang mulai terkendali, baik di dalam negeri maupun secara internasional.

Selain itu, peningkatan ini juga sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam menerapkan bebas visa kunjungan kepada 43 negara. Hal inilah yang kemudian mengundang para wisatawan mancanegara untuk berwisata di Indonesia.

Margo berharap, agar peningkatan ini terus bertahan, sehingga geliat sektor pariwisata dapat semakin meningkat.

Menurutnya, sektor pariwisata memberikan efek multiplier yang besar kepada Indonesia. Sehingga, apabila sektor pariwisata meningkat, maka pertumbuhan ekonomi Indonesia pun juga turut meningkat.