JAKARTA, HOLOPIS.COM – Timnas Argentina berhasil meraih gelar juara Finalissima 2022 usai melibas Italia dengan skor telak 3-0 tanpa balas, Kamis (2/6) dini hari tadi.

Bertanding di Stadion Wembley, London, Inggris, keduanya baik Italia maupun Argentina sama-sama jual beli serangan semenjak babak pertama baru dimulai.

Banyak peluang-peluang emas yang berhasil tercipta, alhasil Argentina sukses menjebol gawang Italia terlebih dahulu pada menit ke-28 melalui Lautaro Martinez.

Pemain bintang milik Inter tersebut mampu memanfaatkan hasil umpan manis dari seorang Lionel Messi di dalam kotak penalti Italia.

Memasuki penghujung babak pertama, Italia harus kembali mengencangkan ikat pinggangnya usai gawang Donnarumma kebobolan di menit 45+1 oleh sepakan ala Angel Di Maria. Babak pertama pun berakhir dengan keunggulan Argentina 2-0 atas Gli Azurri.

Pada awal babak kedua, Italia yang dinahkodai Roberto Mancini langsung menarik tiga pemain sekaligus dengan harapan dapat memperkecil hingga menyamakan kedudukan skor.

Namun, pergantian pemain tersebut nampaknya belum menemukan solusi. Serangan-serangan dari Argentina justru lebih berbahaya ketimbang Italia. Bahkan, La Albiceleste hampir menambah gol ketiga di menit 63 oleh sang mega bintang Lionel Messi.

Melihat akan hal itu, Roberto Mancini kembali memutar otak demi memberikan strategi terbaiknya dengan memasukan dua pemain baru ke lapangan. Namun kembali lagi, kualitas pemain yang dimiliki Italia tak sebanding dengan Argentina sehingga Gli Azurri terus tertekan dan gagal mengembangkan permainannya.

Tekanan intens dari skuad Argentina pun berlanjut, hingga pada akhirnya Paulo Dybala muncul sebagai pencetak gol penutup bagi La Albiceleste menjelang berakhirnya pertandingan di menit 90+4.

Dengan demikian, Argentina sukses membuat Italia tertunduk lesu dengan skor 3-0 tanpa balas dan berhak merangkul trofi Finalissima 2022.

Sebagai informasi tambahan, laga yang bertajuk Finalissima tersebut merupakan pertandingan yang digagas oleh UEFA dan CONMEBOL, di mana dalam permainannya mempertemukan dua juara di masing-masing wilayah. Diketahui, Argentina keluar sebagai juara Copa America 2021 dan Italia juara Euro 2020.