Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizKipas-kipas, Negara Kantongi Duit 41 Triliun Rupiah dari BUMN

Kipas-kipas, Negara Kantongi Duit 41 Triliun Rupiah dari BUMN

JAKARTA, HOLOPIS.COM Pada akhir Kuartal pertama 2022 sejumlah perusahaan go public membagikan sejumlah laba yang diperoleh kepada para pemegang saham dalam bentuk dividen tunai. Dari beberapa perusahaan tersebut, terdapat pula Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang membagikan dividennya kepada negara sebagai salah satu pemegang saham.

Pada musim dividen kali ini, setidaknya terdapat 11 (sebelas) emiten BUMN yang telah menyetor dividennya ke negara, total kontribusinya hingga mencapai Rp41 triliun.

Sebelas perusahaan pelat merah ini terdiri dari sejumlah sektor bisnis, diantaranya yakni perbankan, telekomunikasi, dan pertambangan. Adapun sekitar 60 persen dari total dividen Rp41 triliun yang diterima negara berasal dari emiten BUMN sektor perbankan.

Berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tahun buku 2021, Bank BRI menjadi BUMN yang mencatatkan dividen paling banyak dibanding emiten lainnya, yakni senilai Rp14,04 triliun.

Kemudian disusul Bank Mandiri, dengan nilai dividen tunai sebesar Rp8,75 triliun. Kemudian Telkom Indonesia sebesar Rp7,74 triliun, PT Bukit Asam atau PTBA Rp5,21 triliun, PT Perusahaan Gas Negara atau PGN senilai Rp3,01 triliun.

Ada juga Bank BNI yang menyetor dividen sebesar Rp1,63 triliun, Aneka Tambang atau Antam Rp605 miliar, SIG Rp520 miliar, Mitratel Rp362 miliar, PT Timah Rp296 miliar, dan Bank Tabungan Negara atau BTN Rp142 miliar.

Semula, Kementerian BUMN menargetkan dividen BUMN pada 2021 hanya sebesar Rp30 triliun-Rp35 triliun. Artinya, realisasi penerimaan dividen dari BUMN melebihi taget yang ditetapkan, di mana 11 perusahaan saja mampu mencatatnya dividen Rp41 triliun.

Meski begitu, dividen 2021 masih tercatat rendah bila dibandingkan realisasinya di tahun 2020. Pada periode tahunan sebelumnya total setoran 5 BUMN saja mencapai 45 triliun atau setara 90,6% dari total dividen pemerintah pada 2020.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Hari Minggu, Harga Emas Antam Mandek di Level Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 22 September 2024.

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.

DJP Klaim MLI STTR yang Diteken Sri Mulyani Bisa Dongkrak Penerimaan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim, perjanjian Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR) bisa mendongkrak penerimaan pajak negara.

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.