JAKARTA, HOLOPIS.COM Peningkatan ketinggian pasang air laut diprediksi akan terjadi di sejumlah provinsi, hal tersebut disebabkan adanya fenomena fase bulan baru pada Senin (30/5).

Dari hasil pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir (rob) diprediksi terjadi dalam periode 30 Mei hingga 7 Juni 2022.

Provinsi yang diperkirakan alami banjir rob, yakni Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Lampung, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Maluku.

“Potensi banjir pesisir (rob) diprediksi berlangsung dengan waktu yang berbeda di tiap wilayah. Kondisi ini secara umum dapat mengganggu aktivitas keseharian masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat,” kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim, Eko Prasetyo (28/5).

Untuk itu, masyarakat pun diimbau untuk tetap siaga dan waspada dari dampak pasang maksimum air laut.

Dengan selalu memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG melalui, Call center 021-6546315/18, Call center BMKG 196, http://maritim.bmkg.go.id, Follow twitter dan Instagram @BMKGmaritim atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat.