Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

KRI Nanggala 402 Dinyatakan Tenggelam, ‘On Eternal Patrol’ Trending di Media Sosial

BALI,HOLOPIS.COM-Panglima TNI AL Marsekal Hadi Tjahjanto menyatakan bahwa kapal selam KRI Nanggala-402 saat ini sudah berstatus “Subsunk” alias tenggelam. Sebelumnya beberapa serpihan dari kapal selam tersebut ditemukan terapung di perarian Bali.
Beberapa serpihan yang ditemukan diantara lain pelorus tabung torpedo, pembungkus pipa pendingin, botol berisi pelumas kapal selam serta peralatan sholat.
Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono mengungkapkan bahwa kapal selam buatan Jerman tersebut siduga mengalami keretakan besar. Hal ini pun membuat barang-barang yang tersebut terapung ke permukaan keluar dari kapal selam.
Akibat keretakan tersebut, Yudo pun menduga air telah masuk ke dalam kapal selam dan tenggelam. Namun, Yudo tidak menutup kemungkinan adanya bagian dalam kapal selam yang tidak kemasukan air dikarenakan adanya pembagian kompartemen.
Tagar “On Eternal Patrol” di media sosial yang berarti bertugas untuk selamanya.
Istilah On Eternal Patrol sendiri berawal dari istilah “Patrol” yang sering digunakan kapal selam ketika akan bertugas. Pengerahan tempur seringkali disebut “Patroli Perang” atau “War Patrol”, sedangkan kapal selam rudal balistik AS disebut “Patroli Pencegah atau “Deterrent Patrols”. Ketika kapal selam tenggelam dan tidak berhasil pulang, maka patrol tersebut disebut “Abadi” atau “On Eternal Patrol” yang juga berarti bertugas untuk selamanya.
KRI Nanggala-402 saat ini terdeteksi tenggelam di kedalaman 850 meter. Meski demikian, keberadaan pasti kapal selam yang mengangkut 53 orang tersebut, masih belum diketahui.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Donald Trump Nyaris Dibunuh Lagi, Pelaku Langsung Ditangkap

Mantan Presiden AS sekaligus kandidat Pilpres 2024 Donald Trump kembali nyaris menjadi korban penembakan.

Ada Aroma Adu Domba Prabowo dan Gibran, Mulai Fufufafa Hingga Private Jet

Inisiator Gerakan Nurani Kebangsaan (GNK) Habib Syakur Ali Mahdi Al Hamid menduga ada operasi yang tengah dijalankan oleh kelompok tertentu yang bertujuan untuk mengganggu agenda nasional, khususnya menjalang transisi kepemimpinan Jokowi ke Prabowo.

Menteri Agama Gus Yaqut Bahas Anggaran 2025 dengan Komisi VIII

Kementerian Agama dan Komisi VIII DPR RI mengadakan rapat kerja untuk membahas penyesuaian anggaran 2025. Rapat berlangsung di Gedung Parlemen DPR RI, Jakarta Pusat.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru