Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Karyono Wibowo Tuding Ada yang Keganggu Papua Dimekarkan

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Direktur eksekutif Indonesian Public Institute (IPI) Karyono Wibowo menilai, bahwa seharusnya masyarakat Papua bisa sejahtera ketika dana otonomi khusus yang digelontorkan pemerintah selama ini disalurkan dengan baik sesuai keperuntukannya.

“Selama ini dana otsus terus meningkat signifikan, setiap tahun naik, tapi tidak berbanding lurus dengan tingkat kesejahteraan masyarakatnya, ini kan ada something, artinya kue ini hanya dinikmati oleh mereka yang berkuasa,” kata Karyono dalam diskusi publik yang digelar di Jakarta, Senin (23/5).

Menurut Karyono, pemekaran wilayah Papua menjadi solusi konkret bagaimana negara bisa menghadirkan kesejahteraan kepada masyarakat di Indonesia Timur itu. Namun ia tak memungkiri, banyak kalangan yang menolak pemekaran wilayah itu.

Untuk memastikan bahwa seberapa persen masyarakat Papua pro terhadap pemekaran wilayah yang menjadi usulan banyak kalangan adalah dengan melakukan kajian yang lebih komprehensif.

“Kalau disurvei opini dan persepsi publik, bisa dilakukan, diriset mana yang setuju dan mana yang menolak. Hipotesa saya mayoritas setuju pemekaran, (mereka menolak) karena mereka banyak yang belum mendapatkan kesejahteraan dan berada di wilayah terisolir,” ujarnya.

Ada pihak yang terganggu

Kemudian, pengamat politik senior ini menduga kuat ada pihak-pihak tertentu yang terganggu dengan wacana pemekaran wilayah oleh pemerintah pusat. Salah satu yang paling terganggu menurut Karyono adalah kelompok separatis dan teroris OPM.

“Saya curiga, di balik penolakan pemekaran, ada organisasi Papua Merdeka yang ikut menumpang isu pemekaran,” tandasnya.

Ia membantah bahwa pihak-pihak yang menolak pemekaran wilayah Papua terafiliasi dengan OPM, akan tetapi OPM adalah pihak yang paling terganggu.

“Saya tidak mengatakan yang menolak ini bagian dari OPM, tapi saya menduga penolakan pemekaran ada kepentingan OPM di sana. Karena dari segi operasi militer atau OPM untuk ciptakan instabilitas keamanan di sana lebih leluasa. Faktanya terkonfirmasi, bahwa masih muncul gelagat instabilitas yang dilakukan OPM yang mengarah pada separatisme,” paparnya.

Selain itu, pihak-pihak yang terganggu adalah mereka para elite yang merasa menjadi raja-raja kecil di Papua. Karena selama ini mereka sangat menikmati semua fasilitas dan sumber daya yang tersalurkan dari pemerintah pusat.

Salah satu indikatornya, adalah kenaikan dana otsus setiap tahun namun tidak kunjung dibarengi dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat di sana.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Masyarakat Sumbar Penuhi Karangan Bunga Ucapan di Polres Pariaman

HOLOPIS.COM, PADANG - Masyarakat Sumbar ramai-ramai memberikan karangan bunga...

Susi Pudjiastuti Bersyukur Pilot Philip Mehrtens Bebas dari Jerat Teroris Papua

Susi Pudjiastuti merespon kabar bebasnya Kapten Pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens dari jeratan teroris Papua atau OPM kelompok Egianus Kogoya di wilayah Nduga, Papua.

Susi Bersyukur Philips Berhasil Bebas, Ucap Terima Kasih ke Jokowi-Prabowo dan TNI Polri

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Bos Susi Air, Susi Pudjiastuti menyampaikan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru