JAKARTA, HOLOPIS.COM Rusia siap melanjutkan dialog dengan Ukraina dalam membahas perdamaian. Namun disebutkan juga bahwa inisiatif untuk melanjutkan dialog kini ada di pihak Ukraina.

“Untuk bagian kami, kami siap melanjutkan dialog,” tegas penasihat Kremlin Vladimir Medinsky yang juga perunding utama Rusia dalam wawancara dengan TV Belarusia, seperti dilansir AFP, Senin (23/5).

“Pembekuan perundingan sepenuhnya inisiatif Ukraina,” sebut Medinsky, sembari menambahkan bahwa ‘bola sepenuhnya ada di tangan mereka (Ukraina-red)’.

Medinsky juga menegaskan bahwa Rusia tidak pernah menolak perundingan.

Perundingan damai antara perunding Rusia dan Ukraina digelar secara rutin baik secara langsung maupun via tautan video sejak Rusia melancarkan invasi pada 24 Februari lalu.

Menteri Luar Negeri (Menlu) dari kedua negara telah bertemu untuk pembicaraan yang tidak menghasilkan apapun di Turki pada Maret lalu. Pembicaraan itu disusul dengan pertemuan delegasi Rusia dan Ukraina di Istanbul yang juga gagal mencapai hasil konkret.

Pada Selasa (17/5) pekan lalu, kepala perunding Ukraina Mykhaylo Podolyak mengungkapkan bahwa perundingan damai dengan Rusia terhenti setelah sempat berlangsung pada awal-awal invasi, namun tanpa hasil yang substansial.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, dalam wawancara dengan televisi lokal Ukraina pekan lalu, lantas memperingatkan Rusia bahwa perang hanya bisa diselesaikan melalui ‘diplomasi’.

“Akhir dari ini akan melalui diplomasi,” tukas Zelensky.

“(Perang) Akan berdarah-darah, akan ada pertempuran, tapi hanya akan berakhir secara definitif melalui diplomasi,” tandasnya.