JAKARTA, HOLOPIS.COM – Presiden Rusia Vladimir Putin dikabarkan akan menjalani perawatan medis dalam jangka panjang di sebuah sanatorium pada tahun depan, sehingga ia kemungkinan akan melepaskan jabatannya.

Informasi itu disampaikan oleh mantan kepala badan intelijen Inggris MI6, Sir Richard Dearlove dalam sebuah podcast baru-baru ini.

“Saya pikir dia (Putin) akan pergi pada tahun 2023. Mungkin ke sanatorium, di mana dia tidak akan muncul sebagai pemimpin Rusia,” ujarnya, dilansir dari New York Post.

Menurut Dearlove, menempatkan Putin ke fasilitas medis menjadi alternatif kudeta yang “elegan”. Sementara nantinya, pengganti Putin dipercayai adalah Sekretaris Dewan Keamanan Rusia, Nikolai Patrushev.

“Jika tesis saya terpenuhi dan Putin benar-benar menghilang ke sanatorium, saya pikir dia kemungkinan akan menggantikannya,” kata kepala Dinas Intelijen Rahasia Inggris dari 1999 hingga 2004 itu.

Spekulasi mengenai kondisi kesehatan Putin bermunculan di tengah invasi Rusia ke Ukraina. Seorang pengusaha yang dekat dengan Kremlin mengklaim Putin menderita kanker darah.

Kendati begitu, klaim tentang kesehatan Putin belum diverifikasi.