JAKARTA, HOLOPIS.COMMenteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengungkap sederet target Indonesia di Forum Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) akan digelar di Nusa Dua, Bali, pada 25-27 Mei 2022 mendatang.

Sebelumnya, Menko Muhadjir mengatakan, bahwa forum ini menjadi momentum penting untuk memperkuat pengurangan risiko serta penanggulangan bencana, terlebih Indonesia sebagai tuan rumahnya.

“Dengan dipercayanya Indonesia sebagai tuan rumah forum internasional ini, menjadi momentum untuk memperkuat mitigasi, praktik baik pengurangan risiko bencana, termasuk penanggulangan bencana secara global dan nasional,” ujar Muhadjir dalam keterangan tertulis dari Kemenko PMK, Senin (23/5).

Muhadjir mengatakan, setidaknya 4.091 delegasi dari 193 negara di seluruh belahan dunia akan membahas akan membahas tentang tata kelola risiko bencana, investasi risiko bencana, dan pemulihan pascapandemi dalam forum GPDRR itu.

Dalam forum tersebut, Muhadjir selaku perwakilan tuan rumah akan mengungkap sederet target Indonesia dalam gelaran global tersebut.

“Target pertama lebih ke pemulihan pasca COVID 19, target kedua meningkatkan kesadaran publik dalam penanggulangan bencana, target ketiga melibatkan elemen penting pentahelix dalam pengurangan risiko bencana, dan target keempat menunjukkan praktik baik yang sudah Indonesia lakukan,” terangnya.

Sebelum forum GPDRR dimulai, akan ada kegiatan penanaman sepuluh juta pohon di 34 provinsi Indonesia. Kegiatan tersebut merupakan wujud aksi nyata dari Gerakan Nasional Revolusi Mental dalam rangka mendukung Forum GPDRR.

Setidaknya sebanyak 3.001 dari 4.091 delegasi akan hadir secara langsung, sementara 1.096 delegasi lainnya aknn hadir melalui platform virtual.