JAKARTA, HOLOPIS.COM – Prof dr Ova Emilia resmi terpilih sebagai rektor UGM periode 2022-2027. Dekan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FK-KMK) ini, unggul 21 suara dalam pemilihan calon rektor yang digelar di Balai Senat UGM.

Ova mengalahkan Bambang Agus Kironoto yang hanya mendapatkan satu suara, dan Deendarlianto dengan tiga suara. Ova bakal dilantik pada Jumat (27/5), sehari sebelum berakhirnya jabatan Panut Mulyono.

Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Praktikno menuturkan, pemilihan dan penetapan rektor diikuti oleh 25 anggota MWA secara luring dan daring. Pemilihan dilakukan melalui beberapa tahapan. Diawali dengan presentasi masing-masing calon rektor. Kemudian dilanjutkan diskusi tanya jawab oleh MWA.

Dari hasil yang diperoleh, Pratikno berharap Ova sebagai rektor baru akan membuat banyak lompatan kemajuan ke depan. Dia pun menyarankan agar Ova bisa bekerjasama memanfaatkan ide dan gagasan dari calon rektor lainnya. Bahkan secara spesifik, disarankan untuk membuat forum diskusi.

“Sehingga apa yang menjadi tanggung jawab dan amanah dari rektor sebelumnya dapat dijalankan dengan baik,” ungkap pratikno, (20/5).

Sementara itu, Ova bersyukur dengan jabatan baru yang diterimanya. Dia pun siap memegang amanah untuk ke depan lebih memajukan UGM. Menurutnya, dia akan meneruskan program-program yang ada di UGM.

Dan akan mengembangkan UGM menjadi universitas unggul, representatatif, dan menjadi kembagaan Indonesia.

“Terimakasih atas kepercayaannya pada saya,” ungkap Ova.

Dia pun berjanji, akan mewujudkan UGM tidak hanya mengakar kuat dan menjulang tinggi, namun juga berbunga indah dan berbuah lebat.

“Bermanfaat dan menghidupi masyarakat, serta memimpin transformasi negeri,” tegasnya.