JAKARTA, HOLOPIS.COM – Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan bahwa pemikiran supermasis kulit putih di politik adalah sesuatu yang sangat beracun, setelah lagi-lagi AS harus melewati insiden penembakan masal.

Seorang pelaku membunuh 10 orang di sebuah pusat perbelanjaan di wilayah mayoritas kulit hiram di Buffalo, New York, Amerika Serikat.

“Benci, dan rasa takut, sudah terlalu dibiarkan oleh mereka yang berpura-pura mencintai Amerika tapi tidak memahami Amerika,” kata Biden kepada keluarga korban, melansir Aljazeera, Rabu (18/5).

Biden juga menyerukan, bahwa Amerika Serikat adalah negara dengan sejarah paling banyak ras, dan dinamis dibandingkan negara lainnya di dunia.

“Ini adalah saatnya semua orang dari seluruh ras, dari seluruh latar belakang, untuk angkat bicara mewakili mayoritas masyarakat Amerika untuk menolak supermasis kulit putih.

Payton Gendron, adalah pelaku penembakkan di Buffalo. Ia adalah seorang remaja ras kulit putih yang menurut polisi, melakukan perjalanan sejauh 320 km dari rumahnya ke Buffalo untuk membunuh orang-orang kulit hitam.

Dalam aksinya, ia mengenakan rompi anti peluru dan menuliskan kata rasis, dan angka 14, yang merupakan slogan supermasis kulit putih.

Ia sempat menyiarkan secara langsung aksi penembakannya pada dua menit pertama di Twitch, sebuah platform streaming online yang biasanya digunakan untuk para gamers.

Supermasis kulit putih atau White supremacist adalah adalah sebuah ideologi yang menganggap bahwa orang kulit putih adalah ras yang lebih superior dibandingkan orang lainnya.

Sebuah ideologi yang hingga saat ini menjadi salah satu momok paling kelam dalam perpolitikan Amerika Serikat.

Supremasi kulit putih adalah satu ideologi yang menganggap bahwa orang kulit putih lebih superior berbanding orang lainnya.