JAKARTA, HOLOPIS.COM – PDIP melalui Ketua DPP,  Djarot Saiful Hidayat mengatakan pihaknya belum berpikir untuk membentuk koalisi seperti halnya Partai Golkar, PAN, dan PPP. Diketahui, Golkar, PAN, dan PPP resmi membentuk Koalisi Indonesia Bersatu sebagai langkah awal menghadapi Pemilu 2024.

“Kita masih belum berpikir pada koalisi-koalisi seperti itu. Kita lebih mementingkan skala prioritas bagaimana membantu rakyat pasca pandemi Covid-19,” kata Djarot, Rabu (18/5).

Djarot mengklaim saat ini PDIP fokus bekerja untuk pemulihan ekonomi dan kesehatan masyarakat akibat pandemi Covid-19. Ia menyebut urusan koalisi dapat dipikirkan pada kesempatan mendatang.

“Untuk koalisi itu nanti-nanti saja dulu. Lebih baik kita berikan pada masyarakat dulu. Bukankah PDI bisa maju sendiri ya? Lebih aman,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman mengatakan partainya masih terus membuka komunikasi dengan partai lain terkait pembentukan koalisi Pemilu 2024.

Habib mengaku pihaknya juga membuka komunikasi dengan Golkar, PAN, dan PPP yang telah membentuk koalisi.

“Gerindra juga membangun komunikasi dengan semua parpol. Walaupun belum dalam waktu dekat ini, kami belum akan deklarasi ini, deklarasi itu,” kata Habib, (17/5).

Terkait kemungkinan Gerindra bergabung dengan Koalisi Indonesia Bersatu, Habib belum bisa bicara banyak. Menurutnya, pembentukan koalisi partai tergantung komunikasi yang dibangun.

“Di politik itu kan kurang lebih sama kaya orang pacaran bisa sampai di pernikahan bagus, kalau tidak ya hubungan kami akan tetap baik,” ujarnya.