JAKARTA, HOLOPIS.COM Megawati Soekarnoputri ternyata mengikuti perkembangan jaman, salah satunya tentang Korean Wave yang sudah mendunia termasuk di Indonesia.

Bahkan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) ini akui, bahwa ia juga ikuti popularitas grup musik asal Korea, BTS, yang digemari cucunya.

“Saya ini nenek dengan 7 cucu. Ternyata 7 cucu saya itu sangat menggemari BTS,” katanya saat pidato ketika menerima gelar Profesor Kehormatan dari Seoul Institute of the Arts (SIA) (11/5)

“Saya sendiri bertanya kenapa kok senang BTS? Karena katanya tampilannya luar biasa. Dan saya sebagai seorang nenek tidak mau ketinggalan, jadi juga saya harus mengikuti yang namanya KPOP, drama Korea, dengan BTS-nya supaya saya bisa berdialog dengan cucu-cucu saya sebagai bagian dari generasi muda bangsa Indonesia,” sambungnya.

Tidak hanya itu, Presiden kelima Indonesia ini juga menyinggung kuliner khas Korea yang tidak asing lagi di lidah orang Indonesia.

“Saya tadi ketemu Presiden Yoon Suk Yeol dan saya usulkan dalam hubungan sahabat dua negara, harus ditampilkan juga soal culinary ini. Sebab dengan masakan, persahabatan akan semakin kuat. Apalagi di Indonesia ada 25 ribu orang Korea,” kata Megawati.

Dalam acara tersebut juga dipertunjukan kebudayaan Indonesia, yakni mahasiswa SIA yang bermain gamelan dengan lagi manuk dadali.

Megawati pun menjelaskan filosofi yang terkandung dalam gamelan, yakni gambaran prinsip gotong royong yang dihidupi oleh masyarakat Indonesia.

“Satu saja alatnya tidak bunyi, akan bisa merusak semuanya,” kata Megawati.