BALI, HOLOPIS.COM Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengklaim bahwa kondisi pariwisata di Bali saat ini terbilang sudah sangat aman untuk dikunjungin oleh para wisatawan baik di dalam negeri maupun mancanegara.

Hal tersebut diungkapkan Ma’ruf saat meninjau sentra-sentra UMKM di Bali yang sempat terdampak akibat pandemi Covid-19 selama kurang lebih dua tahun.

“Hari ini saya berkunjung ke Pantai untuk melihat UMKM dan saya melihat bahwa kegiatan ekonomi masyarakat di Bali khususnya di Kuta ini sudah mulai tumbuh [kembali],” kata Ma’ruf, Selasa (10/5).

Dengan capaian vaksinasi yang menyentuh angka 68 persen, Ma’ruf sudah sesumbar bahwa kondisi tersebut sudah relatif lebih aman untuk destinasi wisata.

“Jadi ini menunjukkan bahwa Bali sudah pulih sebenarnya, oleh karena itu wisatawan mancanegara dan juga wisatawan lokal dalam negeri tidak perlu khawatir untuk datang ke Bali,” klaimnya.

Ma’ruf kemudian meminta agar para pihak terkait segera kembali melakukan promosi destinasi pariwisata Bali, baik di dalam negeri maupun luar negeri agar meningkatkan kembali jumlah wisatawan yang datang ke Bali, tentunya untuk memulihkan ekonomi masyarakat Bali yang sebagian besar bergantung dari sektor pariwisata.

“Ini perlu disebarluaskan kemana-mana ke seluruh Indonesia maupun ke mancanegara, sehingga kita harapkan dalam waktu tidak lama, kembali normal seperti sebelum Covid-19 sehingga ekonomi masyarakatnya terus bergeliat,” pintanya.