JAKARTA, HOLOPIS.COM – Yoon Suk Yeol telah disumpah dan resmi menjadi Presiden baru Korea Selatan. Suk Yeol hadir sebagai pemimpin baru Korsel yang memiliki rencana berani melawan Korea Utara, dan mempertahankan kebebasan serta demokrasi Korea Selatan.

“Meskipun senjata nuklir Korea Utara adalah ancaman untuk kita dan Asia Timur Laut, pintu diskusi akan selalu terbuka agar kita bisa menyelesaikan ancaman ini dengan cara yang damai,” kata Yoon Suk Yeol di hadapan 40,000 orang, melansir Aljazeera, Selasa (10/5).

Sebelumnya di bulan Maret, Yoon berhasil unggul dengan selisih suara yang tipis. Mantan jaksa itu berjanji untuk menangani dengan tegas ancaman yang ditimbulkan oleh rezim Kim Jong Un, sambil masih membiarkan pintu dialog terbuka.

“Jika Korea Utara benar-benar memulai proses untuk menyelesaikan denuklirisasi, kami siap bekerja dengan komunitas internasional untuk menyajikan rencana berani yang akan sangat memperkuat ekonomi Korea Utara dan meningkatkan kualitas hidup rakyatnya,” kata Yoon.

Yoon berhasil memenangkan kursi kepresidenan dengan suara ‘approval’ terendah yaitu 41 persen berdasarkan Gallup poll. Suara tersebut termasuk yang terendah dibandingkan dengan presiden-presiden Korea Selatan sebelumnya.