Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Polda Lampung Sebut 60 Persen Pemudik Belum Kembali ke Pulau Jawa

LAMPUNG, HOLOPIS.COMPolda Lampung mengungkapkan bahwa sampai dengan saat ini arus balik di Pelabuhan Bakauheni, Lampung belum mencapai separuh dibandingkan arus mudik sebelumnya.

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad mengatakan, jumlah pemudik yang telah kembali ke pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni baru mencapai 160.143 orang.

“Total kendaraan yang tercatat berangkat dari Pelabuhan Bakauheni hingga saat ini sebanyak 38.945 kendaraan. Angka ini baru mencapai 40 persen dari total pemudik yang menyeberang beberapa hari lalu,” kata Zahwani, Minggu (8/5).

Zahwani menjelaskan, 38.945 kendaraan itu, sebanyak 18.071 di antaranya merupakan kendaraan roda dua. Sementara, sebanyak 19.752 adalah kendaraan soda empat.

“Kemudian 538 kendaraan bus dan 584 truk turut ikut naik kapal dari Pelabuhan Bakauheni,” ungkapnya.

Sementara itu, berdasarkan data Kementerian Perhubungan, sejak Selasa (3/5) hingga Sabtu (7/5) baru 364.673 pemudik yang kembali ke Jawa melalui Bakauheni.

Adapun berdasarkan data Kemenhub, total penumpang yang berangkat dari Merak menuju Sumatera mulai H-10 sampai dengan hari H Lebaran yaitu sebanyak 894.063 orang. Artinya, baru sekitar 40,78 persen pemudik yang kembali ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Bakauheni.

Untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan, pemerintah meminta masyarakat untuk mengatur jadwal ulang kepulangan dengan menghindari waktu puncak arus balik.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Perry Warjiyo Kembali Jabat Ketum ISEI

Perry Warjiyo kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) untuk periode 2024-2027. Ia terpilih secara aklamasi dalam Kongres ISEI XXII 2024 yang berlangsung di Surakarta, Jawa Tengah.

Cerita Nur Fatia, Difabel Bergelar Sarjana yang Berhasil Masuk Polisi

Sekolah Polisi Wanita atau Sepolwan Lemdiklat Polri sangat bangga memiliki siswi bernama Nur Fatia Azzahra yang bergelar sarjana psikologi, dengan nilai IPK 3,56.

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru