JAKARTA, HOLOPIS.COM – Sebagian besar provinsi di Indonesia, diperkirakan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) akan turun hujan lebat disertai kilat dan angin kencang.

Dalam situs resminya, Sabtu (7/5). BMKG keluarkan peringatan dini cuaca untuk wilayah Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, dan Jawa Timur yang berpotensi mengalami hujan.

Wilayah yang diperkirakan akan turun hujan lebat, yakni provinsi Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku dan Papua.

Hujan dengan intensitas ringan, diperkirakan terjadi di Sulawesi Selatan dan Papua Barat. Sedangkan untuk Jakarta, hujan ringan berpotensi terjadi di wilayah Jakarta Barat dan Jakarta Timur pada malam hari, Jakarta Selatan pada siang dan malam serta Kepulauan Seribu pada dini hari.

BMKG juga menjelaskan sejumlah wilayah yang masuk dalam kategori siaga dan waspada akan dampak hujan lebat yang terjadi. Untuk wilayah Aceh, masuk dalam kategori siaga dampak hujan lebat.

Kemudian wilayah dengan kategori waspada, yakni Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan Papua.