LABUAN BAJO, HOLOPIS.COM Wisatawan dan juga para nakhoda kapal wisata di wilayah Labuan Bajo, diminta untuk tetap waspada, dengan gelombang tinggi dan angin kencang.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Komodo mengatakan, gelombang tinggi berpotensi terjadi di selat Sape bagian selatan termasuk perairan selatan Manggarai Barat, NTT.

“Waspadai gelombang tinggi di perairan selat Sape bagian selatan termasuk perairan selatan Manggarai Barat pada 4 Mei 2022,” kata Kepala Stasiun Meteorologi Komodo, Sti Nenotek (3/5).

Pulau Komodo
Pulau Komodo Labuan Bajo.

Sti menjelaskan, kewaspadaan akan gelombang tinggi ini berdasarkan kecepatan angin berkisar 12-40 km/jam yang tercatat oleh BMKG.

Ketinggian diperkirakan sekitar 0,75 sampai 2 meter, dengan angin yang bertiup dari arah timur.

Bagi wisatawan yang berisi di sekitar selatan Komodo, bagian selatan Rinca, selatan Padar, dan Selat Padar, juga diimbau untuk waspada gelombang tinggi di perairan bagian selatan Manggarai Barat

Untuk kondisi cuaca di semua tempat wisata dalam wilayah Manggarai Barat, dijelaskan Sti akan cerah berawan pada pagi hari dan berawan di siang hari.

Sedangkan, hujan ringan berpotensi terjadi pada siang hari di lokasi wisata Air Terjun Cunca Rami, Air Terjun Cunca Wulang, dan Danau Sano Nggoang.

Ia pun meminta para pengunjung untuk berhati-hati dalam beraktivitas selama liburan. Dia juga mengajak wisatawan untuk terus memantau informasi cuaca resmi yang dikeluarkan oleh BMKG.