Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

PLN Jamin Pasokan Listrik Aman saat Lebaran 2022

JAKARTA, HOLOPIS.COM Direktur Utama PT PLN, Darmawan Prasodjo mangatakan, bahwa pasokan listrik saat Lebaran 2022 dijamin dalam kondisi aman. Hal itu disampaikan Darmawan dalam konferensi pers yang disiarkan di kanal YouTube PT PLN, Minggu (1/5).

Dalam kesempatan tersebut, Darmawan juga mengaku telah menyiapkan sejumlah hal untuk menjamin pasokan listrik dalam keadaan aman. Diantaranya yakni mempersiapkan pasokan batu bara, gas, dan bahan bakar minyak (BBM) untuk pembangkit. Hal itu, bertujuan agar jangan sampai ada gangguan pada energi primer.

Ia melihat, pola beban kelistrikan di Tanah Air saat ini telah bergeser, dari yang semula berada di kondisi biasa menjadi kondisi Lebaran.

“Ini karena ada pergerakan mudik yang sangat besar,” katanya.

Lebih lanjut, Darmawan pun merinci pasokan listrik dari pembangkit listrik milik PLN menghasilkan total 64,3 GigaWatt (GW), sementara beban puncak yang dideteksi oleh PLN di berkisar di angka 30 GW hingga 31 GW.

“Jadi dari sudut pandang kami Idul Fitri akan aman, apalagi misalnya di Jawa-Bali pasokan mencapai 32 GW sementara beban pucak hanya 19,5 GW. Jadi masih cukup,” ujar Darmawan.

Kemudian di Sumatra-Kalimantan, daya pasok listrik yang disiapkan mencapai 10,4 GW dengan beban puncak 7,76 GW.

Lalu di Sulawesi, Papua, Maluku, dan Nusa Tenggara pasokan mencapai 3,5 GW, dengan beban puncak 2,9 GW.

Tak hanya itu, PLN juga fokus pada keamanan pasokan energi primer di pembangkit rata-rata di atas 15 hari. Darmawan pun berharap tidak ada disrupsi selama masa Lebaran.

Sekadar informasi, PLN juga telah menyiapkan Posko Siaga Lebaran yang telah dibuka sejak H-7 hingga H+9 yang diperpanjang hingga H+14. Melalui event Posko Siaga Lebaran ini, PLN telah menyiapkan 2.982 posko dengan lebih dari 50 ribu personel.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Catat! Mulai Besok Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Naik Jadi Segini…

Tarif tol dalam kota Jakarta akan dilakuka penyesuaian alias naik, yang berlaku mulai tanggal 22 September 2024 pukul 00.00 WIB. Besaran kenaikan tarif, berkisar Rp 500 hingga Rp 1500.

Tips Selamatkan Diri dari Banjir Bandang

Banjir bandang adalah salah satu bencana alam yang dapat terjadi secara tiba-tiba dan memiliki dampak yang sangat merusak.

PT KAI Berikan Diskon Tiket 20% di Acara LPS Travel Fair 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia atau KAI...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru