Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Candi Borobudur Siap Sambut Wisatawan Saat Libur Lebaran

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyampaikan, kawasan pariwisata Candi Borobudur yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah siap dikunjungi wisatawan pada musim libur Lebaran Idulfitri 1443 H/2022.

Mengingat, telah siapnya kegiatan penataan infrastruktur di objek wisata bersejarah tersebut.

“Tadi saya mendengarkan penjelasan, dukungan infrastruktur seluruhnya sudah 100 persen. Kecuali tempat pemindahan para pedagang (UMKM) di Kujon,” tutur Wapres Ma’ruf dalam keterangannya, (30/4).

Wapres Ma’ruf memproyeksikan kunjungan wisatawan cukup tinggi pada musim libur lebaran tahun ini. Mengingat, tahun ini pemerintah mengizinkan perayaan Mudik setelah dua tahun terakhir ditiadakan imbas lonjakan kasus Covid-19.

“Ini diperkirakan pengunjungnya akan banyak, jadi sudah dipersiapkan sedemikian rupa dari mulai gerbang masuk sampai berbagai fasilitas. Ekosistemnya sudah dibangun dengan baik sekali sebagai satu destinasi prioritas, bahkan selain jadi tempat wisata juga tempat pengembangan UMKM,” ujar Wapres Ma’ruf.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti mengatakan, saat ini, tengah disiapkan pekerjaan penataan Kampung Seni Kujon dengan memindahkan area parkir dan pedagang dari Zona 2 di Kompleks Candi Borobudur seluas 8,4 hektare untuk menempati Zona 3 di Lapangan Kujon seluas 10,74 hektare.

Relokasi area parkir dan pedagang ke Kampung Seni Kujon merupakan upaya untuk melestarikan Zona 2 kawasan Candi Borobudur.

“Sehingga Zona 2 sebagai green belt dan buffer zone dapat berfungsi maksimal dalam mendukung Konservasi Candi Borobudur dan sebagai ruang kreatif budaya, pengembangan seni kerajianan lokal dan ruang edukasi bagi pengunjung,” urainya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Asyik! Dufan Punya Beragam Promo Potongan Harga Tiket Hingga Akhir Agustus

Bagi Sobat Holopis yang ingin pergi ke Dufan bersama teman atau keluarga, bisa memanfaatkan promo hemat berlima yang sudah berlangsung sejak 1 Juli hingga 21 Agustus 2024.

TMII Kasih Promo Khusus 17 Agustus, Diskon Harga Tiket Hingga Konser Gratis

TMII (Taman Mini Indonesia Indah) tawarkan beragam promo menarik, saat HUT ke-79 bagi Sobat Holopis yang ingin datang pada tanggal 17 Agustus 2024.

Berkunjung ke Malaysia, Perlu Banget Ke Menara Petronas Loh!

Bila berpelesiran ke luar negeri, tak lengkap rasanya jika melewatkan Malaysia sebagai salah satu opsi. Bagi masyarakat Indonesia sendiri, berkunjung ke negara tetangga yang satu ini memang merupakan hal menarik sekaligus bikin penasaran.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru