Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Presiden Jokowi Tolak Permintaan Zelenskyy Untuk Kirimkan Bantuan Senjata

JAKARTA, HOLOPIS.COMPresiden Jokowi mengungkapkan bahwa dirinya sempat diminta oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy untuk mendukungnya dalam perang melawan negara Rusia.

Tak tanggung-tanggung, permintaan Zelenskyy kepada Jokowi adalah untuk mengirimkan pasokan senjata yang dimiliki Indonesia untuk dikirim ke Ukraina demi melawan pasukan Vladimir Putin.

“Pada hari Rabu, 27 April yang lalu pukul 15.00 sore, saya berkomunikasi dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy,” kata Jokowi, Jumat (29/4).

“Dalam pembicaraan itu dibahas juga mengenai berbagai permintaan bantuan persenjataan dari Indonesia,” tambahnya.

Mendengar permintaan tersebut, Jokowi yang telah menjalin komunikasi dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pun mentah-mentah menolak pengiriman pasokan persenjataan ke Ukraina.

“Saya menegaskan bahwa sesuai dengan amanat konstitusi Indonesia dan prinsip politik luar negeri Indonesia, melarang pemberian bantuan persenjataan kepada negara lain,” klaimnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kemudian mengatakan, bahwa dirinya hanya mau memberikan bantuan yang tidak berkaitan dengan persenjataan dan membantu masyarakat Ukraina.

“Namun, saya menyampaikan kesiapan Indonesia untuk memberikan bantuan kemanusiaan,” imbuhnya.

Jokowi yang mengaku telah mendapatkan laporan situasi terkini di Ukraina dari Jokowi pun hanya bisa berharap agar Ukraina dan Rusia bisa segera mencapai kata perdamaian dan mengakhiri peperangan.

“Saya sampaikan mengenai harapan agar perang dapat segera dihentikan dan solusi damai melalui perundingan dapat di kedepankan,” tukasnya.

Meskipun sempat menolak permintaan Zelenskyy, Jokowi pun kemudian dalam percakapan telepon tersebut juga mengajak Zelenskyy untuk tetap hadir dalam kegiatan G20 yang akan berlangsung di Indonesia beberapa waktu mendatang.

Ajakan tersebut menurut Jokowi, mengingat posisi Indonesia yang memegang Presidensi KTT G20 pada tahun ini.

“Kalau kita bicara mengenai pemulihan ekonomi dunia, maka terdapat dua hal besar yang memengaruhi saat ini, yaitu yang pertama, pandemi COVID-19 dan yang kedua perang di Ukraina. Dalam konteks inilah, maka dalam pembicaraan per telepon kemarin saya mengundang Presiden Zelenskyy untuk hadir dalam KTT G20,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Viral Tren ‘Gak Bisa Yura’ Bikin Netizen Dapat Momen Curcol

Baru-baru ini, bagian reff dari lagu "Risalah Hati" sering digunakan sebagai latar musik video TikTok untuk tren "gak bisa Yura".

Susunan Skuad Arsenal vs Manchester United di Laga Praseason

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pertandingan sengit antara Arsenal vs Manchester...

Dompet Dhuafa Sukses Tebar Hewan Kurban 1444 H, Sasar 1,7 Juta Lebih Penerima Manfaat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Ketua Panitia Tebar Hewan Kurban...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru