Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

4 Orang Tewas Akibat Bom Bunuh Diri di Pakistan

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Seorang wanita pelaku bom bunuh diri telah menewaskan empat orang, termasuk diantaranya warga negara China dalam serangan minibus di Institut Konfusius Universitas Karachi, Pakistan. Wanita tersebut diduga berasal dari kelompok separatis Pakistan.

“Baloch Liberation Army telah bertanggungjawab atas serangan bunuh diri yang terjadi hari ini,” demikian menurut pengakuan juru bicara kelompok itu, Jeeyand Baloch, dalam sebuah pernyataan di Telegram, Selasa (26/4).

Tentara Pembebasan Balochistan, adalah salah satu dari beberapa kelompok yang berjuang untuk kemerdekaan di provinsi terbesar Pakistan.

Selain mengaku bertanggung jawab, mereka mengatakan bahwa itu adalah serangan bunuh diri pertama oleh seorang penyerang wanita.

Warga China sejauh ini sudah menjadi target dan secara teratur diserang oleh separatis dari Balochistan, di mana Beijing terlibat dalam proyek infrastruktur besar sebagai bagian dari Inisiatif Sabuk dan Jalan.

Kelompok separatis tersebut telah lama memendam kebencian terhadap proyek pertambangan dan energi yang menguntungkan di wilayah itu. Mereka mengatakan bahwa penduduk setempat tidak melihat manfaatnya dan terusir dari tanah mereka.

Perdana Menteri Pakistan, Shehbaz Sharif mengutuk serangan tersebut.

“Saya sangat sedih atas hilangnya jiwa-jiwa berharga, termasuk keluarga China kita dalam serangan menjijikkan di Karachi hari ini. Saya sangat mengutuk aksi teroris pengecut ini” katanya di Twitter.

Ketegangan telah berkobar dalam beberapa tahun terakhir di Balochistan menyusul masuknya investasi China secara besar-besaran.

Pada April 2021 lalu, serangan bom bunuh diri di sebuah hotel mewah yang menampung duta besar China di Quetta, ibu kota provinsi Balochistan, menewaskan empat orang dan melukai puluhan lainnya.

Meski demikian, duta besar China saat itu selamat dan tidak terluka.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Puluhan Orang Tewas Akibat Pager-Walkie Talkie Meledak di Lebanon

Sebanyak 20 orang meninggal dunia dan 450 lainnya luka-luka karena ledakan perangkat komunikasi atau pager-walkie talkie di Lebanon.

Yoshihiro Hidaka Ditikam Anaknya Sendiri

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Direktur utama Yamaha Motor Company, Yoshihiro...

Perundingan Peningkatan ATIGA Capai Kemajuan Signifikan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Perundingan  peningkatan Persetujuan Perdagangan Barang ASEAN...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru