JAKARTA, HOLOPIS.COM – Miliarder asal Amerika Serikat sekaligus CEO Pershing Square Capital Management William Ackman merugi hingga US$400 juta atau setara Rp5,77 triliun karena saham Netflix jeblok sejak pekan lalu. Mengutip Reuters, Senin (25/4), saham Netflix anjlok 35 persen menjadi US$226 per saham dalam tiga bulan terakhir.

Ackman pun memutuskan untuk menjual seluruh sahamnya senilai US$1,1 miliar untuk menekan kerugian lebih besar lagi.

Melihat tren saham Netflix turun, Ackman mengusulkan agar manajemen mengubah model bisnis termasuk menggabungkan iklan kepada pelanggan yang tak berbayar.

“Pada dasarnya bisnis Netflix mudah dipahami, mengingat kejadian baru-baru ini, kami telah kehilangan kepercayaan pada kemampuan untuk memprediksi prospek masa depan perusahaan tersebut,” ucap Ackman.

Ia mengatakan akan mengevaluasi kinerja Netflix lebih lanjut dan menjadikan hal itu sebagai pelajaran bagi perusahaan pengelola dana investasi.

“Salah satu pembelajaran kami dari kesalahan masa lalu adalah untuk segera bertindak ketika kami menemukan informasi baru tentang investasi yang tidak sesuai dengan kajian asli kami,” ujar Ackman.