Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizJokowi Harusnya Ambil Lahan Sawit Pengusaha Nakal, Bukan Hentikan Ekspor CPO

Jokowi Harusnya Ambil Lahan Sawit Pengusaha Nakal, Bukan Hentikan Ekspor CPO

JAKARTA, HOLOPIS.COM Solusi dalam mengatasi kelangkan dan mahalnya harga minyak goreng bukan cara dengan menghentikan ekspor crude palm oil (CPO).

Menurut Direktur Eksekutif Oversight of Indonesia’s Democratic Policy, Satyo Purwanto, Presiden Joko Widodo (Jokowi) seharusnya mengambil kembali pabrik dan lahan kebun sawit dari para pengusaha nakal dan pelaku pembakaran lahan untuk diserahkan kepada BUMN.

“Bagaimana mungkin pemerintah dapat mengendalikan stok, harga, dan distribusi minyak goreng jika ke semua elemen tersebut tidak dalam kendali pemerintah,” kata Satyo Purwanto, Senin (25/4).

Karena, menurut pria yang karib disapa Komeng ini, stok, harga, dan distribusi minyak goreng sudah dikendalikan oleh kartel. Dengan demikian, kebijkan menghentikan ekspor dipastikan sulit berjalan efektif dalam menekan harga minyak goreng.

“Yang mesti dilakukan Jokowi adalah mengambil kembali pabrik kelapa sawit dan penguasaan kebun sawit oleh para pengusaha nakal dan pelaku pembakaran lahan dan diserahkan kenegaraan dikelola oleh BUMN,” tandas aktivis pergerakan mahasiswa ’98 itu.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Harga Emas di Pegadaian Hari Minggu Terkerek Naik

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Minggu 22 September 2024.

Jangan Lupa! Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Resmi Naik Hari Ini

Kenaikan tarif tol pada ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta telah resmi diberlakukan mulai hari ini, Minggu 22 September 2024, sejak pukul 00.00 WIB dini hari tadi. 

Hari Minggu, Harga Emas Antam Mandek di Level Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 22 September 2024.

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.