Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

BMKG : Bibit Siklon Tropis 98S Pengaruhi Tumbuhnya Awan Hujan Disebagian Kota Besar Indonesia

JAKARTA, HOLOPIS.COM Pertumbuhan awan hujan terdeteksi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), terjadi disebagian kota besar yang ada di Indonesia. Kondisi tersebut terjadi, karena terpengaruh bibit siklon tropis 98S di sekitar Samudra Hindia, Barat Daya Banten.

“Bibit siklon membentuk daerah konvergensi yang memanjang di Samudra Hindia Barat, Sumatera Barat, hingga Samudra Hindia Barat Daya Banten dan dari perairan Selatan Jawa Timur hingga Samudra Hindia di Barat Daya Banten,” tulis BMKG Dalam laman resmi, Sabtu (23/4).

“Kondisi tersebut meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah bibit siklon tropis dan di sepanjang daerah konvergensi,” sambung BMKG.

Perkiraan cuaca di Pulau Sumatera, seperti Kota Banda Aceh dan Kota Tanjungpinang, berpeluang hujan intensitas ringan. Kemudian, Kota Medan dan Pekanbaru berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang. Waspadai potensi hujan petir yang diperkirakan terjadi di Kota Pangkalpinang.

Kemudian, du Kota Padang dan Palembang juga berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan. Waspadai potensi hujan yang disertai kilat atau petir di Kota Jambi dan Bengkulu. Hujan dengan intensitas lebat diperkirakan terjadi di Kota Bandar Lampung.

Cuaca yang diperkirakan cukup kondusif, ada di Pulau Borneo untuk di Kota Banjarmasin. BMKG memperkirakan, akan berkabut dengan suhu udara berkisar antara 23 hingga 33 derajat celsius.

“Sedangkan Kota Palangkaraya, Tanjung Selor dan Samarinda diprakirakan akan turun hujan dengan intensitas ringan. Waspadai potensi hujan dengan intensitas lebat yang diperkirakan terjadi di Kota Pontianak,” jelas BMKG.

Beralih ke Pulau Jawa, Kota Serang dan Surabaya diperkirakan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan. Sedangkan Kota Jakarta dan Yogyakarta berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang.

Waspadai potensi hujan petir yang diperkirakan terjadi di Kota Bandung. Cuaca di Kota Semarang diprakirakan cukup kondusif, yaitu berawan.

Situas cuaca di Kepulauan Bali dan Nusa Tenggara diperkirakan cerah berawan dengan suhu udara berkisar antara 25 hingga 32 derajat celcius. Tapi hujan diprakirakan mengguyur Kota Mataram dengan intensitas ringan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kemenhub Dapat Tambahan Anggaran Senilai Rp6,69 Triliun Tahun 2025

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia (RI) ...

Apakah Makan Es Bisa Membuat Gemuk?

Makan es, terutama dalam bentuk es krim atau dessert beku, sering kali menjadi camilan yang menyenangkan.

4 Tips Menyelamatkan Diri Dari Badai Berbahaya

Belakangan ini, beberapa wilayah di negara-negara Asia Tenggara dilanda topan dan badai yang berbahaya karena dampak dari pemanasan global.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru