JAKARTA, HOLOPIS.COM Polri mengklaim bahwa mereka akan menggunakan pola yang berbeda dalam melakukan pengamanan jalur mudik di Hari Raya Idulfitri 2022.

Karopenmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Ahmad Ramadhan beralasan, ada pola pengamanan, seperti Checkpoint yang tidak akan digunakan seperti tahun sebelumnya.

“Pola yang dilakukan kami pastikan polanya adalah bukan untuk penindakan. Jadi tahun ini tidak ada checkpoint, tidak ada memutarbalikkan kendaraan,” kata Ahmad, Jumat (22/4).

Ahmad pun menegaskan bahwa peran Polri pada tahun ini adalah benar benar mempermudah masyarakat yang akan kembali ke kampung halaman untuk merayakan lebaran.

“Ini benar-benar tahun ini kita memperlancar,” imbuhnya.

Yang digunakan dalam pengamanan jalur mudik tahun ini menurut Ahmad adalah dengan mengaktifkan pos-pos pengaman dan pelayanan yang telah disiapkan.

“Tentu bukan semata-mata untuk kelancaran lalu lintas, tapi bagaimana situasi Idulfitri aman, bukan aman dari kelancaran lalu lintas saja, tapi situasinya aman,” tukasnya.

Ia menambahkan selain mengamankan arus lalu lintas, Polri juga mengamankan masjid yang digunakan untuk salat Idulfitri hingga lokasi yang menjadi keramaian.

“Misalnya tempat perbelanjaan dan biasanya setelah Idulfitri selesai banyak yang liburan, ada tempat-tempat masyarakat untuk berlibur,” pungkasnya.