JAKARTA, HOLOPIS.COM Google turut memperingati Hari Bumi 2022 yang diperingati setiap tanggal 22 April, dengan menampilkan Google doodle yang memperlihatkan dampak dari perubahan iklim di bumi.

Google doodle yang ditampilkan dalam format GIF, yang menunjukan perubahan alam di sebuah lokasi dari tahun ke tahun.

“Menggunakan real time-lapse dari Google Earth Timelapse dan sumber lain, doodle menunjukkan dampak perubahan iklim di empat lokasi berbeda di sekitar planet kita,” jelas Google dalam laman resmi doodle, yang dikutip Jumat (22/4).

Ada empat gambar GIF yang dihadirkan dalam Google doodle, pertama Gunung Kilimanjaro i Tanzania, di mana Google menyoroti penipisan gletser di puncak gunung dari 1986 hingga 2020.

Gambar kedua berisi citra Sermersooq di Greenland, untuk menunjukkan dampak perubahan iklim dari 2000 hingga 2020.

Gambar ketiga Great Barrier Reef di Australia, menampilkan pemutihan karang di Pulau Lizard dari Maret 2016 hingga Mei 2016.

Gambar keempat Harz Forests di Elend, Jerman, menunjukkan bagaimana hutan-hutan ini dihancurkan oleh serangan kumbang kulit kayu karena kenaikan suhu dan kekeringan parah dari 1995 hingga 2020.

Google berharap dengan tampilan doodle ini, bisa menyatukan pemikiran seluruh umat manusia agar bisa segera melakukan tindakan bersama – sama untuk menghindari dampak buruk dari perubahan iklim.

Sebagai Informasi, Hari Bumi dirayakan pertama kali pada tahun 1970 yang memfokuskan pada kesadaran global tentang perlindungan dan konservasi lingkungan.