JAKARTA, HOLOPIS.COM Sebanyak 13.968 fasilitas kesehatan akan disiapkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes), di seluruh jalur mudik lebaran yang ada di Indonesia.

Dari total tersebut, terdiri dari 10.292 puskesmas, 3.034 rumah sakit, 251 Public Safety Center (PSC), 51 KKP dan 340 Pos Kesehatan yang siap melayani para pemudik.

“Ada 13.968 fasilitas kesehatan di seluruh provinsi sudah kita siapkan untuk melayani masyarakat baik dalam perjalanan mudik maupun di daerah tujuan agar akses dan pelayanan kesehatan semakin kuat,” ujar Juru Bicara Vaksinasi COVID-19, Siti Nadia Tarmizi (21/4).

Selain itu Nadia juga menjelaskan bahwa 340 pos kesehatan yang ada, sudah dilengkapi dengan ambulance roda dua dan roda empat. Penempatannya, akan disebar ke berbagai rest area di jalan toll, pintu exit toll, jalur toll, jalur jalan raya non toll dan beberapa lokasi wisata.

“Adanya pos kesehatan ini diharapkan bisa meminimalisir risiko kesehatan selama perjalanan mudik, supaya mudik sehat, aman dan nyaman,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Nadia juga berharap vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster sudah dilakukan pemudik.

Dari data yang ada, 9 provinsi sudah capai 30 persen cakupan vaksin booster dan sisanya masih dibawah 30 persen.

“Bagi yang akan mudik lebaran, segera lakukan vaksinasi booster. Siapkan diri kita semua dalam keadaan sehat, agar kita dapat melindungi diri kita dan keluarga kita saat melakukan perjalanan, saat tiba dan saat kembali dari kampung halaman,” pungkas Nadia.