Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizDisnakertrans DIY Tegur 10 Perusahaan yang Dilaporkan Cicil THR

Disnakertrans DIY Tegur 10 Perusahaan yang Dilaporkan Cicil THR

YOGYAKARTA, HOLOPIS.COM Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dapat laporan sepuluh perusahaan yang lalai dalam pembayaran Tunjang Hari Raya (THR).

Laporan tersebut didapatkan dari sistem online, dan dari sepuluh perusahaan yang diadukan enam diantaranya sudah diselesaikan.

“Kami mendapatkan sepuluh aduan yang masuk ke sistem online sampai saat ini. Enam aduan sudah selesai, sisanya tinggal kita follow up,” ujar Kepala Disnaketrans DIY, Arya Nugrahadi, Rabu (20/4).

Perusahaan – perusahaan tersebut diadukan, karena melakukan pembayaran THR dengan cara dicicil atau tidak sesuai dengan ketentuan yang dikeluarkan oleh Kementerian Ketenagakerjaan yang mengharuskan perusahan membayar THR tidak dengan cara dicicil.

Aturan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Nomor M/1/HK/04/IV/2022 tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2022 bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan yang ditandatangi 6 April 2022. Pembayaran THR pun harus dilakukan 7 hari sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Pihak Disnakertrans DIY coba lakukan mediasi antara perusahaan dengan karyawan, agar permasalahan THR ini bisa diselesaikan.

“Mereka ada yang tahunya THR bisa dicicil, kan ini tidak boleh,” ujarnya.

Untuk sanksi bagi perusahaan yang langgar aturan tersebut, akan disesuaikan dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan.

“Ya sanksi nanti sesuai PP ada terkait dengan admnistratif, perizinan, operasional dan lain-lain, tapi kita kan nggak pingin sampai ke sana,” tandasnya.

Arya menyebutkan, Disnakertrans DIY menyediakan posko aduan secara online tahun ini. Pekerja atau buruh dan masyarakat yang ingin mengadukan masalah THR mereka bisa membuka aplikasi Sasadhara di laman Disnakertrans DIY.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Hari Minggu, Harga Emas Antam Mandek di Level Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 22 September 2024.

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.

DJP Klaim MLI STTR yang Diteken Sri Mulyani Bisa Dongkrak Penerimaan Pajak

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengklaim, perjanjian Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR) bisa mendongkrak penerimaan pajak negara.

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.