JAKARTA, HOLOPIS.COM Sinyal kehadiran mobil hybrid dari Suzuki mulai terlihat, dengan diluncurkannya All New Ertiga smart hybrid dalam empat varian oleh Suzuki Maruti India. Keempat varian itu, yakni LXi, VXi, ZXi, dan ZXi+.

Dilansir dari Hindustantimes, Minggu (17/4). Mobil ini dapat sejumlah pembaruan mulai dari desain gril depan, beberapa fitur tambahan serta mesin bensin 1,5 liter K-series baru yang dikawinkan dengan gearbox otomatis 6-percepatan baru.

Pada bagian interior, sudah menggunakan 4 airbag pada kursi depan yang terletak di masing – masing dasbor ada 2 buah dan 2 lagi ada di sisi kiri dan kanan.

Mesin K15C Smart Hybrid yang digunakan, memiliki empat silinder dengan kapasitas 1.462 cc yang mampu menghasut tenaga 115 hp dan torsi 138 Nm.

Tenaga yang lebih besar bisa dihasilkan, dengan adanya tambahan motor listrik dengan kekuatan 31 daya kuda serta torsi 60 Nm.

Bahkan dari informasi yang ada, konsumsi bahan bakar mobil hybrid Suzuki ini sekitar 20,5 kilometer per liter.

Dengan sejumlah pembaruan, mobil yang mengisi segmen multi purpose vehicle (MPV) ini dipasarkan dengan harga mulai dari 835.000 rupee atau sekitar Rp 157 jutaan hingga 1.279.000 rupee atau sekitar Rp 240 jutaan.

Lalu, apakah Suzuki Ertiga smart hybrid ini akan masuk Indonesia. Jika melihat Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku agen pemegang merek Suzuki di Indonesia, memamerkan teknologi smart hybrid

Bahkan, pihak Suzuki sudah melakukan research and development dalam merancang sistem SHVS atau Smart Hybrid Vehicle System.

“Kami sudah pajang teknologinya (hybrid), mudah-mudahan tidak lama lagi,” jelas Head of Marketing 4W PT SIS, Donny Saputra, beberapa waktu lalu.