JAKARTA, HOLOPIS.COM Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyampaikan kepada seluruh jajarannya, bahwa mudik tahun 2022 ini akan dilakukan lebih dari 85 juta masyarakat di seluruh Indonesia.

“Ada kurang lebih 85 juta orang yang akan melakukan pergerakan. Pemudik terbesar dari wilayah Pulau Jawa, diperkirakan akan 14 juta (dan) 47% akan menggunakan kendaraan pribadi,” kata Kapolri dalam rapat koordinasi dikutip Holopis, Sabtu (16/4).

Dengan angka potensi pergerakan masyarakat yang sangat besar itu, Kapolri pun menginstruksikan kepada seluruh jajarannya sampai ke sektor bawah untuk memastikan perjalanan mudik masyarakat bisa berjalan dengan aman dan lancar.

“Oleh karena itu, ini menjadi fenomena yang harus kita persiapkan, bagaimana mudik ini tetap bisa berjalan lancar, aman,” ujarnya.

Perlu diketahui, berdasarkan hasil koordinasi lintas kementerian dan lembaga, bahwa mudik tahun 2022 nanti akan dilakukan serentak oleh masyarakat untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

Setidaknya, ada 75 sampai 85 juta masyarakat akan melakukan perjalanan mudik. Kemudian, potensi arus mudik akan terjadi sekitar tanggal 29 April 2022.