JAKARTA, HOLOPIS.COM – Satu orang anak-anak berusia 8 tahun menjadi korban meninggal akibat bencana banjir dan longsor yang melanda Desa Sukaresmi, Kecamatan Rongga, Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat.

Dari keterangan yang disampaikan Dudi selaku Kalaksa BPBD Bandung Barat, kejadian yang telah berlangsung sejak Kamis (14/4) tersebut, korban terseret material longsor saat hujan intensitas tinggi berlangsung.

Banjir dan tanah longsor mengakibatkan satu korban meninggal dunia berumur 8 tahun. Hingga kini, jasad korban masih dalam pencarian tim gabungan dilapangan,” kata Dudi (15/4).

Banjir dan longsor di Bandung Barat
Banjir dan longsor melanda Desa Sukaresmi, Kecamatan Rongga, Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat. Gambar: BPBD Bandung Barat.

Dudi mengungkapkan, dari penuturan warga, korban bersama rekannya pulang mengaji dilokasi tidak jauh dari rumahnya. Tiba-tiba jalan yang dilalui longsor dan menyeret ketiganya, dua anak berhasil diselamatkan, namun korban tidak terselamatkan.

Dudi kemudian mengatakan, upaya pencarian terhadap korban longsor tersebut sempat dihentikan karena kondisi cuaca hujan.

“Upaya pencarian hari ini dihentikan sekitar pukul 16.00 WIB, karena kondisi cuaca hujan.
Pencarian dilanjutkan besok pagi pukul 08.00 WIB,” imbuhnya.

Selain korban jiwa, Dudi menjelaskan bahwa longsor ini berdampak pada 22 unit rumah rusak, 10 diantaranya mengalami rusak berat, 3 hektar lahan pertanian sawah dan perkebunan, serta akses jalan desa tertutup hanya bisa dilalui pejalan kaki.

Banjir dan longsor di Bandung Barat
Banjir dan longsor melanda Desa Sukaresmi, Kecamatan Rongga, Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat. Gambar: BPBD Bandung Barat.

Sesaat setelah kejadian BPBD Bandung Barat bersama tim gabungan yang terdiri dari Tni Polri, Basarnas, Tagana, PMI, Pemerintah Desa dan Masyarakat segera tiba dilokasi untuk melakukan upaya penanganan darurat dan operasi pencarian. Koordinasi dengan pemerintah setempat juga terus dijalin dalam mengantisipasi adanya banjir atau longsor susulan.