JAKARTA, HOLOPIS.COM – Rusia mengumumkan bahwa kapal utama armada Laut Hitam mereka mengalami kerusakan parah setelah menerima serangan rudal.

“Kebakaran di kapal penjelajah rudal Moskva tersebut telah menyebabkan amunisi meledak,” demikian pernyataan dari Kementrian Pertahanan Rusia, dilansir dari CNA, Kamis (14/4).

Sementara itu, Gubernur Ukraina di wilayah sekitar pelabuhan Laut Hitam Odesa, Maksym Marchenko mengatakan bahwa ini adalah kemenangan untuk Ukraina.

“Rudal Neptunus di Laut Hitam telah menyebabkan kerusakan serius terhadap kapal Rusia, ini kemenangan untuk Ukraina!” kata Marchenko.

Sementara itu, Kementrian Pertahanan Ukraina tidak memberikan respon dan komentar terkait insiden tersebut.

Kapal Rusia yang bernama Moskva itu merupakan kapal kedua yang mengalami kerusakan parah sejak perang pertama kali dimulai.

Bulan lalu, Ukraina mengatakan mereka telah menghancurkan kapal pendukung pendaratan, Orsk, di Laut Azov.

Angkatan Laut Rusia telah meluncurkan rudal jelajah ke Ukraina dan operasinya di Laut Hitam sangat penting untuk mendukung operasi darat di selatan dan timur Ukraina.

Kantor berita Rusia mengatakan, Kapal Penjelajah Moskva, yang ditugaskan pada tahun 1983, dipersenjatai dengan 16 rudal jelajah Vulkan anti-kapal dengan jangkauan setidaknya 700 km.

Sementara itu, Ukraina memperingatkan bahwa Rusia sedang meningkatkan upaya di selatan dan timur untuk menguasai pelabuhan Mariupol.