Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Epidemiolog : Indonesia Endemi Covid-19 Jika Usai Mudik Tak Ada Lonjakan Kasus

JAKARTA, HOLOPIS.COMEpidemilog dari Universitas Airlangga, dr Windhu Purnomo mengatakan, bahwa Indonesia akan segera memasuki status endemi Covid-19 jika mudik lebaran 2022 nanti tidak ada lonjakan kasus.

“Kita lihat nanti pasca liburan mudik, kalau tidak ada peningkatan kasus maka kita siap menuju endemi. Mudah-mudahsih an nggak ada varian baru masuk lagi di Indonesia,” kata Windhu dalam Ruang Tamu Holopis Channel dengan tema ‘Peringatan Hari Kesehatan Sedunia : Sudah Sehatkah Indonesia ?’, Kamis (7/4).

Kemudian, ia juga melihat bahwa saat ini potensi endemi Covid-19 tersebut di Indonesia sangat besar. Hal ini karena dilihat dari tren kasus yang terus mengalami situasi yang lebih baik.

Apalagi dengan adanya mutasi baru dari Omicron yang saat ini membuat beberapa negara lain mengalami lonjakan kasus, sementara di Indonesia cenderung aman.

“Pandemi konteks Indonesia sudah bagus, mirip di India dan Afrika Selatan. Kita tahu meskipun ada satu varian anaknya omicron namanya BA.2 yang di Indonesia sudah mendominasi, tapi kondisinya berbeda dengan di negara lain. BA.2 itu bisa meningkatkan kasus tapi di Indonesia tidak mengalami peningkatan,” tuturnya.

Dengan melihat fenomena itu, Windhu pun menilai bahwa situasi itu terjadi karena masyarakat Indonesia sudah semakin banyak yang peduli terhadap kesehatannya masing-masing. Apalagi juga dilihat dari pencapaian vaksinasi Covid-19 yang juga cukup menggembirakan.

“Kemarin dari hasil seroprevalensi survei oleh Menkes dan Mendagri sebulan lebih yang lalu menunjukkan, bahwa sudah 86 persen lebih penduduk kita sudah mempunyai kekebalan pada covid,” terangnya.

Namun demikian, ia tetap meminta agar masyarakat tidak mengendurkan protokol kesehatan, ditambah lagi dengan upaya vaksinasi Covid-19 agar perlindungan luar dalam dari virus korona bisa diatasi dengan baik.

Sekaligus ia mengingatkan bahwa problematika kesehatan di Indonesia tidak hanya Covid-19 saja, akan tetapi banyak aspek kesehatan yang perlu mendapatkan perhatian penting dari semua pihak.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jagal di Gunungkidul Diminta Tak Sembelih Hewan Ruminansia dan Cegah Penyakit Ternak Zoonasis

Kepolisian Daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul melakukan sosialisasi dan edukasi larangan penyembelihan hewan ruminansia dan bahaya penyakit binatang ternak zoonosis.

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru