JAKARTA, HOLOPIS.COM Masyarakat yang akan mudik atau pulang kampung menggunakan motor, bisa mencoba fasilitas yang disediakan PT KAI. Nantinya, motor pemudik akan diangkut menggunakan kereta api dengan gratis. Pemudik cukup membayar tiket, untuk penumpang saja.

Kebijakan tersebut dikeluarkan, berdasarkan arahan dari Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy. Kemudian, Menteri Perhubungan (Menhub) perintahkan PT KAI untuk melaksanakannya.

“Kemenhub juga akan mengadakan mudik gratis dengan motor, tapi orangnya bayar kalau naik kereta api. Kalau yang dengan bus disediakan dengan truk, untuk motornya juga gratis,” ujar Menhub (7/4).

Dari data yang dilaporkan Dirjen Perkeretaapian PT KAI Zulfikri, diperkirakan jumalah pemudik yang akan menggunakan moda transportasi kereta api sebanyak 7,6 juta orang.

Untuk itu, Menhub minta agar PT KAI harus siap melaksanakan persiapan mudik Lebaran dengan baik. Budi Karya juga tidak lupa meminta, agar selalu melakukan kontrol secara detail. Seperti, pemudik yang menggunakan kereta api sudah dua kali vaksin serta booster.

“Satu hal yang penting mereka yang berjalan adalah mereka yang sudah dua kali vaksin dan booster,” tutupnya.