JAKARTA, HOLOPIS.COM – Hujan deras telah mengguyur wilayah pantai timur Australia. Kota Sidney menerima hujan yang setara selama satu bulan hingga mengubah pinggiran kota menjadi aliran sungai.

“Ini adalah situasi yang sangat dinamis. Peristiwa-peristiwa ini bergerak sangat cepat. Hujan yang sangat tajam dan singkat telah menyebabkan banjir bandang hampir setiap jam,” kata Penjabat Komisaris Layanan Darurat New South Wales Daniel Austin, dilansir dari CNA, Kamis (7/4).

Seorang pria hanyut karena banjir dan langsung diselamatkan oleh kru darurat. Sementara itu, pohon-pohon tumbang, kendaraan kesulitan melewati jalan, dan banyak puing-puing yang mengambang di sungai.

Tak hanya itu, penghuni panti jompo langsung dievakuasi dalam satu malam karena kru darurat mendesak 5 juta penduduk kota pelabuhan untuk kemunginan adanya evakuasi darurat.

Lokasi wisata Bondi di Australia  menerima curah hujan sekitar 170 milimeter selama periode 24 jam, dan menyebabkan ribuan orang untuk mengungsi dari rumah.

Beberapa tempat bisnis juga dihimbau untuk membersihkan barang-barang penting agar membantu mengurangi kerugian mereka.

Diketahui, Sydney telah menerima 1,227 milimeter (48 inci) hujan sepanjang tahun ini, lebih dari rata-rata curah hujan tahunan yang biasanya hanya sampai di angka 1,213 milimeter.

Sebagai informasi, musim panas pantai timur Australia telah didominasi oleh fenomena cuaca La Nina, yang biasanya terkait dengan peningkatan curah hujan.