JAKARTA, HOLOPIS.COM – Komikus Fujiko Fujio dikabarkan meninggal dunia di usianya yang ke-88 pada Kamis (7/4) di rumahnya di Kawasaki, Jepang.

Komikus kenamaan ini menyisakan banyak kenangan bagi anak-anak yang lahir di era 80-90an.

Dikutip dari Japan News, Kamis (7/4) komikus ini telah membuat banyak karya yang meledak di eranya.

1. Ninja Hattori

Ninja Hattori mengisahkan tentang seorang ninja bernama Hattori yang tinggal bersama Kenichi, anak kecil yang malas dan sering dapat masalah. Mirip Doraemon, Hattori juga sering membantu Kenichi dalam banyak hal.

Bedanya, Hattori menggunakan teknik-teknik ninja dan bukan peralatan ajaib untuk membantu Kenichi dalam setiap masalahnya!

2. 21 Emon

21 Emon mengisahkan tentang seorang anak bernama Emon yang mewarisi usaha hotel secara turun-temurun sejak era Shogun Tokugawa.

Kalau kalian sadar, robot penggali ubi alias Gonsuke yang merupakan salah satu tokoh utama di 21 Emon juga sering muncul sebagai cameo di anime maupun manga Doraemon!

3. Daraemon

Dari generasi orang tua kita hingga sekarang, hampir tak ada yang tidak mengenal Doraemon. Robot kucing biru ini sudah menemani berbagai generasi, baik dalam bentuk komik maupun dalam serial animasi.

Doraemon berkisah tentang robot kucing biru dari masa depan yang tinggal bersama Nobita. Dengan alat ajaibnya, Doraemon selalu siap sedia membantu segala permasalahan Nobita!

4. Mojacko

Mojacko ini mirip Doraemon, bisa mengeluarkan bermacam peralatan dari mulutnya. Tak cuma itu, Mojacko juga bisa menggelembung seperti balon dan terbang.

Uniknya, nama lengkap Mojacko ini sangatlah panjang, yaitu Duke Mojara Hanamogera Sanadabintonikusu Furansasukatchi Ritorufuddo Bikunin Arekisandorobonikku Konikkutaranberi- Kuchukuchu Suppabibbi- Poppo-!

5. Kiteretsu Daihyakka

Kartun berjudul Kiteretsu Daihyakka atau Kiteretsu Encyclopedia ini mengisahkan tentang bocah ilmuwan jenius bernama Kiteretsu yang bertualang bersama robot rakitannya, Korosuke!

Agak terbalik dengan Doraemon, perlengkapan canggihnya dibuat sendiri oleh Kiteretsu sementara si robot Korosuke malah jadi pihak yang sering berbuat ulah!