Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Dinasti Mughal, Bukti Islam Pernah Berjaya dan Berkembang di India

JAKARTA, HOLOPIS.COM – India yang pada masa lalu meliputi negara India, Pakistan, dan Bangladesh memiliki kesinambungan sejarah yang satu hingga masa kolonialisme Barat.

Sejak awal abad XIII sampai dengan pertengahan XIX dinasti Islam berkembang di India. Masa pengaruh politik Islam telah dimulai sejak awal abad VIII ketika Muhammad bin al-Qasim diutus Khalifah al-Walid I menyerbu daerah Sind mulai tahun 708 M.

Walaupun belum menguasai seluruh India,
Qasim telah berhasil menancapkan pengaruh politik Islam di daerah Punjab.

Sejak masa itu politik Islam terus merangsek di India. Dinasti Ghazni yang berkembang sejak tahun 961 M berpusat di Afghanistan menjadi kekuatan politik kedua yang berpengaruh di India, dan dinasti Ghuri adalah pengaruh
politik ketiga dalam sejarah kerajaan Islam di India.

Akhir Dinasti Ghuri menandai mulainya kekaisaran Islam di India ditandai dengan berdirinya Kesultanan Delhi oleh Kutbu’ddin Aibak (1206-1211). Sejak saat itulah dinasti
Islam berkembang di India sampai dengan tahun 1857.

Ada lima dinasti Islam yang berkuasa di India mulai tahun 1206-1857 M. Kelima Dinasti yang memerintah tersebut adalah ; Dinasti Budak (1206-1290), Dinasti Khilji (1290 – 1321), Dinasti Taghluk (1321 – 1388 ), Dinasti Lodhi (1450 – 1526), dan Dinasti Moghul (1526 –
1857).

Berbagai peninggalan baik kebudayaan, sistem sosial, ekonomi, politik, hukum, dan pemerintahan masih dapat ditelusuri pada masa sekarang. Dinasti Moghul adalah dinasti terakhir yang memerintah di India.

Bagaimana perkembangan dinasti Moghul dan pengaruhnya bagi sejarah peradaban bangsa india?

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Menelisik Kisah Kyai Cholil Bangkalan, Gurunya Kyai dan Ulama Nusantara

Kyai Cholil Bangkalan adalah salah satu figur spiritual yang dihormati dan dijadikan panutan oleh masyarakat Indonesia, terutama di daerah Bangkalan, Madura.

Sejarah Masjid Raya Sheikh Zayed, Sebuah Simbol Persahabatan

Masjid Raya Sheikh Zayed menyimpan sejarah yang menarik untuk ditelisik. Dibalik keindahan arsitekturnya yang memukau, terjalin kisah persahabatan yang erat antara Indonesia dan Uni Emirat Arab (UEA).

Masjidil Aqsa : Sejarah di Balik Kemegahan dan Kontroversinya

Masjidil Aqsa atau Masjid Al-Aqsa, yang berarti 'Masjid Terjauh', merupakan kompleks masjid berarsitektur megah yang terletak di sebuah Kota Tua Yerusalem, Palestina.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru