Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

5 Buah yang Baik Dikonsumsi Saat Berbuka Puasa dan Sahur Untuk Jaga Imunitas

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Menjaga asupan nutrisi yang dibutuhkan menjadi prioritas selama bulan Ramadhan. Tujuannya tak hanya sebagai pemenuhan nutrisi harian, tapi bermanfaat dalam menjaga keshatan tubuh agar tidak lemas menjalani ibadah puasa.

Berikut adalah buah-buah yang baik dikonsumsi agar badan tetap fit dan segar selama berpuasa.

1. Apel

Apel mengandung serat yang tinggi, sehingga dapat memberikan rasa kenyang lebih lama saat berpuasa.

Kandungan pektin pada apel dapat membantu mengontrol kadar kolesterol dan gula darah di dalam tubuh.

Namun, mengingat zat gizi konsentrat pada buah apel terletak pada bagian bawah kulitnya. Akan lebih bermanfaat jika apel langsung dikonsumsi tanpa dikupas.

2. Pisang

Melansir buku Jus Buah & Sahur Peningkat Daya Tahan Tubuh (2020) dari Tuti Soenardi, buah pisang mengandung kadar gula yang cepat diserap tubuh untuk menjadi sumber tenaga.

Pisang juga sumber kalium yang sangat penting untuk menjaga fungsi sel di dalam tubuh. Khasiat ini bermanfaat dalam menjaga kesehatan fungsi otot dan saraf.

Tak hanya itu, pisang juga kaya akan vitamin B6, kalsium, folat, zat besi, seng, dan serat pektin yang dapat membantu tubuh melakukan proses detoksifikasi.

3. Mangga

Buah mangga kaya akan vitamin C, A dan antioksidan untuk menjaga kebugaran tubuh serta kalori yang cukup untuk mencegah tubuh lemas saat berpuasa.

Di samping itu, buah mangga juga kaya akan antioksidan, betakaroten, yang mendorong tubuh membentuk kekebalan dari serangan penyakit.

4. Pepaya

Pepaya mengandung banyak nutrisi, mulai dari beta karoten, vitamin C, E, antioksidan, antikarsinogenik hingga carotenoid.

Buah yang memiliki rasa manis ini juga mengandung enzim papain yang bermanfaat dalam menjaga kesehatan dan sistem pencernaan serta imunitas tubuh.

5. Jeruk

Buah jeruk kaya akan vitamin C yang bagus untuk menjaga kebugaran tubuh di bulan puasa.

Nutrisinya juga baik untuk menjaga tubuh agar tidak lemas selama berpuasa dan mampu melindungi tubuh dari infeksi penyakit.

Meski termasuk buah yang menyehatkan, tapi bagi yang memiliki riwayat penyakit asam lambung disarankan konsumsi jeruk setelah makan agar tidak memicu ketidaknyamanan di perut.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru