Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

E-Vicpro Ingin Hadirkan Kemudahan Pergantian Kompensasi Korban Kejahatan

JAKARTA, HOLOPIS.COM Mahasiswa Program Doktoral Kriminologi Universitas Indonesia (UI), Kombes Pol Alexander Sabar menciptakan sebuah program penting untuk memberikan perhatian kepada para koban kejahatan yang ada di Indonesia, yakni sebuah aplikasi digital formulasi untuk perhitungan penggantian kompensasi korban kejahatan bernama E-Vicpro.

Aplikasi ini menurut Kombes Pol Alexander penting karena selama ini belum ada program dukungan sejenis yang diterapkan berbasis teknologi informasi (IT).

“Karena di era yang serba digital, segala bentuk upaya dapat dipermudah dengan adanya teknologi dan menjadikannya lebih praktis dan modern,” kata Kombes Alexander dalam presentasinya, Senin (4/4).

Kemudian, ia juga menerangkan bahwa praktik ganti kerugian kompensasi di Indonesia diatur secara khusus untuk kejahatan terorisme dan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) berat. Sementara penghitungan kompensasi ini menjadi tanggung jawab Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), namun demikian sistem yang diterapkan sekarang masih berdiri sendiri dalam kerangka kerja Sistem Peradilan Pidana.

Lebih lanjut, meskipun indikator kerugian berkisar pada ranah kesehatan dan sosial dimana keduanya sudah memiliki sistem digital terintegrasi bagi anggota masyarakat yang membutuhkan jaminan kesehatan dan sosial, namun dikatakan Kombes Pol Alexander, hal ini belum dimanfaatkan sebagai langkah efektif.

“Aplikasi ini perlu diperhitungkan, selain dari kerahasiaan korban dapat dilindungi, kerja sama dengan layanan kesehatan dan sosial dapat menjadi support system bagi korban untuk dipulihkan dari kerugiannya,” ujarnya.

Masih dalam pemaparannya, pejabat tinggi Kepolisian yang saat ini tengah bertugas menjadi Kasubdit Intelijen Direktorat Penindakan BNPT tersebut mengatakan, bahwa hal mendasar yang terpenuhi melalui aplikasi digital ini adalah korban tidak merasa sedang diwakili negara, melainkan ia dengan kesadarannya sendiri apa yang menjadi keinginannya.

“Kehadiran korban tidak seolah diwakilkan oleh negara, melainkan korban dapat menyuarakan harapan penggantian kerugian yang ia alami,” imbuhnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

iOS 18 Meluncur, Lakukan Hal Ini Sebelum Update!

Apple telah resmi meluncurkan sistem operasi terbaru untuk smartphone iPhone mereka, yakni iOS 18. iOS anyar dari raksasa teknologi Amerika Serikat ini membawa segudang fitur baru dan peningkatan performa yang menarik.

Daftar iPhone yang Masih Kebagian iOS 18, Ada Punyamu?

Apple kembali menghadirkan inovasi terbaru melalui iOS 18. Sistem operasi ini membawa segudang fitur menarik yang membuat pengalaman pengguna iPhone semakin seru.

Roy Minta Kepala BSSN dan Budi Arie Dicopot Usai Data Ditjen Pajak Jebol

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pakar telematika, Roy Suryo merasa geram...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru