Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizPemerintah Tetapkan Besaran Subsidi Upah Pekerja Rp 1 Juta

Pemerintah Tetapkan Besaran Subsidi Upah Pekerja Rp 1 Juta

JAKARTA, HOLOPIS.COM Pemerintah telah menetapkan besaran bantuan subsidi upah (BSU) adalah Rp1 juta. Bantuan itu menyasar 8,8 juta pekerja dengan gaji di bawah Rp 3,5 juta per bulan.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan program BSU ini merupakan program perlindungan sosial baru yang diarahkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Bantuan subsidi upah untuk gaji yang di bawah Rp3,5 juta. Besarnya Rp1 juta per penerima dan sasarannya 8,8 juta pekerja dan kebutuhan anggaran Rp8,8 triliun,” kata Airlangga dalam keterangan pers, Selasa (5/4).

Bantuan upah ini merespons kenaikan harga bahan pokok yang terjadi secara global saat ini. Sehingga pemerintah mengambil salah satu langkah dengan memberikan subsidi upah.

Sebelumnya, Menko Airlangga telah memberikan sinyal terkait rencana program bantuan berupa subsidi upah (BSU) kepada para tenaga kerja dengan gaji di bawah 3,5 juta per.

Berdasarkan data, pekerja yang masuk kriteria penerima BSU yakni sebesar 8,8 juta tenaga kerja.

Namun, pada pernyataan sebelumnya, Airlangga belum menyebutkan besaran subsidi upah yang didapat pekerja.

“Berdasarkan arahan Bapak Presiden, Program Bantuan Subsidi Upah (BSU) akan terus dimatangkan untuk diberikan kepada 8,8 juta tenaga kerja dengan gaji kurang dari Rp 3,5 juta, dan ini dalam waktu dekat akan diumumkan,” kata Airlangga dalam keterangan pers hasil ratas PPKM, (4/4).

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Akhir Pekan, Segini Harga Emas Galeri 24, Antam hingga UBS di Pegadaian

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan, kecuali emas UBS yang mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.

Akhir Pekan, Harga Emas Antam Ngegas Jadi Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Sabtu 21 September 2024.

Jokowi Sebut Kesempatan Kerja Makin Sempit, Fedi Nuril : UU Cipta Kerja Gagal, Pak ?

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Fedi Nuril memberikan sindiran kepada Presiden...

Bahlil Kasih Sinyal Pemerintah Batal Batasi Pembelian BBM Subsidi Mulai 1 Oktober 2024

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bahlil Lahadalia memberikan sinyal kuat, bahwa aturan pembatasan pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi batal diberlakukan mulai 1 Oktober 2024.